Home Lifestyle 8 Tanda Anda Lebih Cerdas dari Kebanyakan Orang

8 Tanda Anda Lebih Cerdas dari Kebanyakan Orang

779
0

Selain skor tes IQ, ada 7 tanda lain yang menunjukkan bahwa Anda lebih cerdas dari kebanyakan orang.

Para ilmuwan telah mencoba untuk mengukur kecerdasan selama ratusan tahun, dan tes Intelligence Quotient (IQ) tes telah menjadi salah satu cara untuk melakukan itu.

Namun, tes IQ dinilai tidak bisa mencerminkan seluruh kecerdasan karena hanya mengukur satu aspek. Berikut ini 8 tanda yang menunjukkan bahwa anda lebih cerdas dari kebanyakan orang.

1. Berbicara lebih dari satu bahasa

Penelitian telah menunjukkan bahwa berbicara lebih dari satu bahasa dapat memperlambat laju penyakit seperti Alzheimer. Hal ini juga mempengaruhi perkembangan dan efisiensi otak seseorang. Semakin banyak bahasa yang Anda kuasai,akan semakin lebih efisien pula otak Anda.

2. Punya IQ lebih tinggi dari 100

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, IQ hanyalah salah satu cara untuk mengukur kecerdasan. Tetapi IQ tetap bisa digunakan sebagai indikator.

3. Anak sulung

Sebuah studi menunjukkan bahwa anak sulung memiliki skor lebih tinggi dalam tes IQ rata-rata 3 angka dibanding adik-adiknya. Ini bukan karena genetik, melainkan berkaitan dengan interaksi keluarga di rumah.

4. Jadi pecinta kucing

Orang yang memelihara kucing memang sedikit kurang sosial, tetapi sebuah penelitian yang meneliti 600 mahasiswa menemukan bahwa 11 persen orang yang memilih memelihara kucing alih-alih anjing, memiliki skor lebih tinggi dalam tes untuk mengukur personalitas dan kecerdasan.

5. Kidal

Hanya sekitar 10 persen dari populasi dunia yang kidal, dan tak ada seorang pun yakin tentang apa yang menyebabkan kidal atau bukan. Tetapi ada penelitian yang menunjukkan bahwa orang kidal memiliki keterampilan kognitif yang lebih baik dibandingkan orang yang dominan tangan kanan.

6. Pencemas

Rupanya, menjadi orang pencemas tidak selalu buruk.Seorang peneliti meminta 126 mahasiswa untuk mengisi kuesioner tentang seberapa sering mereka merenungkan hal-hal yang mengganggu mereka, dan menemukan bahwa mereka yang sering khawatir memiliki skor tinggi dalam kecerdasan verbal dibanding mereka yang tidak.

7. Anda orang yang kocak

Sebuah studi tentang bagaimana kita mempersepsikan ketertarikan mengungkap bahwa orang yang memiliki skor lebih tinggi dalam penalaran abstrak dan kecerdasan verbal cenderung kocak, yang pada akhirnya membuat mereka lebih menarik.

8. Meragukan kecerdasan Anda sendiri

Dosis yang wajar dari keraguan diri ternyata menunjukkan bahwa Anda lebih cerdas. Filsuf Yunani kuno, Socrates pernah mengatakan, “Satu-satunya kebijaksanaan sejati adalah mengetahui bahwa Anda tidak tahu apa-apa.”

Efek Dunning-Kruger, yang diamati pada tahun 1999 oleh Justin Kruger menyatakan bahwa orang-orang cerdas lebih mudah mendeteksi dan mampu memperbaiki kesalahan mereka.

Source : National Geographic Indonesia

Previous articleMadu untuk Meredakan Batuk
Next articleApa yang Membuat Orang Menjadi Cerdas?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.