Home Lifestyle 4 Manfaat Memelihara Kucing bagi Kesehatan

4 Manfaat Memelihara Kucing bagi Kesehatan

984
0

Kabar bahagia bagi kita yang memelihara kucing sebagai hewan peliharaan. Ternyata, kucing dapat memberikan manfaat pada kesehatan fisik dan mental kita.

Kabar bahagia bagi kita yang memelihara kucing sebagai hewan peliharaan. Ternyata, kucing dapat memberikan manfaat pada kesehatan fisik dan mental kita. Para ilmuwan mengatakan, kalau ‘persahabatan’ kita dan kucing bisa memberikan dampak yang baik hidup kita. Apa saja manfaatnya? Berikut selengkapnya.

1. Mengurangi risiko serangan jantung

Hasil studi dari University of Minnesota mengatakan, dari 4.500 pemilik kucing dengan usia antara 30-75 tahun, risiko untuk mengalami serangan jantung turun hingga 40 persen. Selain itu, ia juga bisa menurunkan 30 persen kematian akibat penyakit jantung.

Hal ini disebabkan, karena memelihara kucing dapat menjauhkan kita dari stres. Alhasil, jantung pun akan semakin sehat.

Selain itu, satu studi menemukan kalau pasien yang telah keluar dari Coronary Care Unit, akan semakin membaik kondisinya di tahun berikutnya, bila mereka memiliki hewan peliharaan.

2. Lebih terhubung

Sebuah studi dari Perancis yang diterbitkan dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences mengatakan, memelihara kucing dapat menghilangkan stres yang menyerang pikiran kita.

Beriringan dengan hal itu, memelihara kucing juga meningkatkan hormon oxytocin (hormon cinta) dalam tubuh.

Hormon ini dapat membantu anak-anak dan orang dewasa dengan autisme ringan, agar lebih tenang dan mudah bersosialisasi.

Nah, hormon ini dapat dipicu melalui sentuhan, seperti membela-belai kucing. Hormon itu akan muncul ketika kita merasa nyaman saat berhubungan dengan kucing. Karena itu, memelihara kucing merupakan salah satu cara terbaik untuk mengusir stres.

3. Cegah alergi

Beberapa studi di Swedia dan Finlandia menyarankan, mengekspos anak terhadap kucing dan anjing selama masa bayi, dapat membantunya untuk3 membangun kekebalan alami.

Dengan begitu, anak lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan alergi terhadap hewan peliharaan dalam hidupnya. Namun, jangan melakukan hal ini pada bayi, bila sang orangtua memiliki alergi terhadap kucing.

4. Menghilangkan kesepian

Memiliki kucing dapat membantu kita ‘sembuh’ setelah kehilangan orang tercinta. Contohnya dapat dilihat pada sebuah studi di UK. Wanita yang baru menjanda dan memiliki hewan peliharaan, menunjukkan gejala kesedihan fisik yang lebih sedikit, seperti menangis.

Selain itu, peneliti dari Miami University mengatakan, hewan peliharaan seperti kucing dapat menghilangkan rasa sepi. Sebaliknya, ia dapat berfungsi sebagai dukungan sosial dalam hidup kita.

Source : National Geographic Indonesia
Link Gambar : indikatze.blogspot.com

Previous articleManfaat Kesehatan Tak Terduga dari Donor Darah
Next articleUsai Perform, Maher Zain Kunjungi Dandito

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.