Home Lifestyle Manfaat Kesehatan Tak Terduga dari Donor Darah

Manfaat Kesehatan Tak Terduga dari Donor Darah

582
0

Selain dapat menolong sesama, donor darah juga memberi manfaat kesehatan pada si pendonor.

Kapan terakhir kali Anda bersyukur dan menghargai segala hal yang dilakukan oleh darah dalam tubuh?

Darah memegang peranan vital dalam tubuh sebagai alat transportasi. Tanpa darah, oksigen dan sari-sari makanan tak akan bisa mencapai sel-sel tubuh.

Orang-orang yang sehat dan memiliki darah yang cukup dalam tubuh mereka mungkin tak menyadari betapa berharganya setetes darah.

Padahal, ada banyak orang yang tak begitu beruntung karena mengalami berbagai masalah kesehatan yang berhubungan dengan darah.

Karena itu, tak ada salahnya jika kita berbagi kebahagiaan dengan mendonorkan sebagian darah bagi mereka yang memerlukannya. Selain dapat menolong sesama, donor darah juga memberi manfaat pada si pendonor. Berikut manfaat tak terduga dari donor darah:

Aliran darah lebih lancar

Donor darah secara teratur dapat membantu melancarkan aliran darah sehingga meminimalisasi kerusakan pada lapisan pembuluh darah dan resiko penyumbatan arteri. Studi dalam jurnal American Journal of Epidemiology juga menemukan bahwa orang yang rutin donor darah memiliki resiko serangan jantung 88 persen lebih rendah dibanding yang tidak.

Anda mendapatkan mini check-up

Sebelum mendonorkan darah, biasanya akan menjalani pemeriksaan singkat tapi menyeluruh untuk mengetahui tekanan darah dan tingkat hemoglobin. Setelah dikumpulkan, darah kemudian dikirim ke laboratorium dan akan melewati serangkaian tes berbeda untuk penyakit menular, seperti virus HIV atau hepatitis. Jika ternyata Anda menderita penyakit menular tertentu, Anda akan segera mengetahuinya.

Kadar zat besi Anda tetap seimbang

Orang dewasa sehat biasanya memiliki sekitar 5 gram zat besi dalam tubuh mereka, terutama di sel darah merah dan di sumsum tulang. Sekali mendonorkan darah, Anda akan kehilangan sekitar seperempat gram zat besi, yang akan digantikan oleh makanan yang dikonsumsi selama beberapa minggu setelah donor.

Panjang umur

Melakukan hal-hal baik untuk sesama merupakan salah satu cara untuk panjang umur. Studi di jurnal Health Psychology menemukan bahwa pekerja sukarelawan hidup lebih lama dibandingkan orang kebanyakan, selama niatnya benar-benar untuk menolong sesama, dan bukan untuk kepentingan pribadi.

Akan selalu ada orang yang membutuhkan darah. Ingatlah, bahwa sekali mendonorkan darah, Anda bisa menyelamatkan hingga tiga nyawa.

Source : National Geographic Indonesia
Link Gambar : health.liputan6.com

Previous articleInilah 8 Kebiasaan Orang yang Jarang Sakit
Next article4 Manfaat Memelihara Kucing bagi Kesehatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.