Home Technology and Tips Tips Irit Bensin pada Motor Matic

Tips Irit Bensin pada Motor Matic

926
0

Bagi Anda pengguna sepeda motor yang tengah mencari cara menghemat konsumsi bahan bakar. Berikut tips dan triknya.

1. Jangan terlalu lama panaskan mesin

Sebelum beraktivitas mengguankan sepeda motor, memanaskan kendaraan sudah menjadi barang wajib. Tetapi ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan, termasuk sebisa mungkin menggunakan kick stater daripada mengguankan tombol starter.

Apabila terpaksa menggunakan tombol starter, pastikan turut menarik rem belakang. Kemudian hindari menarik tuas gas agar bensin tidak menguap percuma.

2. Tarik tuas gas dengan perlahan

Kebiasaan menggeber-geber tuas gas sebisa mungkin dihindari. Ketika dalam posisi berhenti, tariklah tuas gas dengan perlahan dan jangan langsung menyentaknya.

3. Jangan sering-sering rem mendadak

Beda dengan motor bebek maupun sport yang bisa memanfaatkan engine brake untuk mengurangi laju kendaraan, sepeda motor matik hanya menggunakan rem depan dan belakang.

Penting diperhatikan agar tidak terlalu sering melakukan pengereman secara mendadak atau terlalu dalam. Oleh karena itu, perhatikan laju kendaraan Anda.

4. Pakai bensin dengan kualitas terbaik

Selain cara dan sikap berkendara di jalan, faktor pengguanan bahan bakar juga tak luput dari perhatian. Baiknya, gunakanlah bensin dengan oktan di atas 90 persen agar pembakaran di ruang mesin jauh lebih sempurna.

5. Jangan bawa barang berlebih

Tak dapat dipungkiri, makin beratnya beban motor akan membutuhkan bukaan gas yang lebih sehingga berpengaruh pada konsumsi bahan bakar. Oleh sebab itu, bawalah barang-barang sesuai kebutuhan.

Tak cuma bisa membuat konsumsi bensin jadi lebih banyak, membawa barang-barang di ambang batas juga bisa mengganggu kenyamanan selama berkendara.

Source : Terselubung
Link Gambar : www.harian88.com

Previous articleMenjelajahi Sisi Lain Timur Tengah
Next article15 Kegunaan Lain dari Pasta Gigi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.