Home Technology and Tips 5 Manfaat Lain Saus Tomat dan Sambal yang Jarang Diketahui

5 Manfaat Lain Saus Tomat dan Sambal yang Jarang Diketahui

970
0

Makan gorengan seperti kentang goreng memang enak dibarengi dengan cocolan saus tomat atau saus sambal. Banyak orang yang menyukai kedua saus ini karna rasanya yang menambah nikmat hampir semua jenis makanan.

Tapi jarang sekali orang mengetahui manfaat lain dari kedua saus ini. Selain fungsinya yang saebagai makan ternyata saus tomat dan sambal dapat digunakan untuk keperluan lain loh, contohnya saja dapat digunakan untuk mengkilapkan onderdil kendaraan. Mari kita simak 5 Kegunaan Lain Saus Sambal dan Saus Tomat Yang Belum Kamu Ketahui :

1. Mengilapkan Logam Tembaga

Apakah Anda punya peralatan dapur yang terbuat dari logam tembaga? Jika Anda ingin membuat peralatan itu terlihat lebih kinclong atau bersinar, Anda bisa menggunakan saus sambal. Daripada menggunakan pembersih logam yang mengandung bahan kimia yang sangat berbahaya jika terkonsumsi, Anda bisa menggunakan saus sambal. Caranya sangat mudah, yaitu dengan mengoleskan saus sambal ke peralatan tembaga Anda dan biarkan nodanya menghilang dengan sendirinya. Anda bisa menambahkan garam untuk menghilangkan noda yang membandel di peralatan tembaga Anda.

2. Membuat Onderdil Mobil Lebih Berkilau

Berdasarkan The Cymbal Book yang ditulis oleh Hugo Pinksterboer, beberapa orang telah membuktikan bahwa mobilnya bisa terlihat lebih berkilau dengan menggunakan saus sambal. Caranya adalah dengan menggosok-gosokkan saus sambal ke onderdil mobil. Saus sambal memang bisa menyamarkan noda, tetapi Anda butuh tambahan air dan sabun untuk membersihkan kotoran lainnya.

3. Memperbaiki Rambut Rusak Karna Kaporit

Orang yang suka berenang di kolam renang memiliki risiko rambutnya berubah warna menjadi hijau karena kandungan kaporit atau klorin dalam air. Untuk memperbaiki warna rambut yang rusak tersebut, Anda bisa coba mengoleskan saus sambal atau saus tomat ke rambut Anda dan biarkan selama 20 menit. Setelah itu bisa langsung Anda bilas dengan air hingga bersih.

4. Meredakan Rasa Perih

Anda bisa coba untuk menyimpan beberapa sachet saus sambal atau kecap di dalam freezer. Saus sambal atau kecap beku ini bisa digunakan untuk meredakan rasa perih luka atau memar yang Anda alami. Caranya? Anda bisa mengompres luka atau memar tersebut dengan saus sambal beku dalam sachet.

5. Membuat Darah Palsu

Warna saus tomat memang bisa terlihat sangat mirip dengan warna darah. Tak heran jika dalam pesta Halloween atau drama, saus tomat dijadikan properti untuk membuat darah palsu.

Source : terselubung.in

Previous articleCara Selamatkan Data Jika Layar Smartphone Pecah atau Mati
Next article8 Cara Tidur Nyenyak Saat Udara Malam Cukup Panas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.