Home Entertainment Menggambar Terbukti Efektif Bantu Daya Ingat

Menggambar Terbukti Efektif Bantu Daya Ingat

657
0

Jika Anda ingin mengingat sesuatu dengan lebih baik, gambarlah. Hasil penelitian di University of Waterloo, Kanada, menunjukkan menggambar merupakan metode mengingat paling kuat dan terpercaya untuk meningkatkan ingatan. Jeffrey Wammes, yang memimpin penelitian ini mengatakan telah membandingkan menggambar dengan cara lain, dan selalu menjadi yang paling baik.

Wammes dan tim mengatakan menggambar bisa meningkatkan jejak memori kohesif. Peningkatan ini menintegrasikan informasi visual, motorik, dan semantik.

Dalam penelitian, mereka menyajikan kata yang mudah digambar kepada responden, seperti apel. Responden lantas diberi waktu 40 detik untuk menggambar atau menulis ulang kata tersebut. Setelah itu, responden diberi tugas untuk mengklasifikasikan nada untuk memfasilitasi proses mengingat. Proses akhir adalah responden dibebaskan untuk mengingat sebanyak-banyaknya kata dalam daftar yang diberi pada awal penelitian.

“Ada perbedan ingatan lebih dari dua kali lipat antara yang menggambar dan menulis ulang,” kata Wammes. Responden yang menggambar kata dalam daftar, mampu mengingat lebih banyak kata.

Peneliti membuat variasi dalam penelitian selanjutnya. Responden diminta menggambar kata berulang-ulang. Pilihan lain adalah menambah detil visual saat menulis surat. Hasilnya tak berubah. Menggambar tetap membuat ingatan lebih baik dari alternatif lain.

Wammes mengatakan menggambar menuntun pada performa ingatan ketimbang membuat daftar karakter fisik, membuat citra mental, dan melihat gambar dari objek yang dideskripsikan dengan kata-kata.

“Yang perlu dicatat, kualitas gambar seseorang tak berpengaruh, orang tetap akan dapat manfaat yang sama meski tak punya bakat artistik,” kata dia.

Source : tempo.co
Link Gambar : www.suara.com

Previous articleSering Berinteraksi dengan Sesama, Anda akan Makin Cerdas
Next articleCara Tepat Memakai Parfum

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.