Home Technology and Tips Tips Menjadi Rekan Kerja yang Menyenangkan

Tips Menjadi Rekan Kerja yang Menyenangkan

768
0

Dalam bekerja, penting untuk menjalin hubungan baik dengan sesama rekan kerja, karena Anda akan sering berhubungan dengan mereka. Selain itu, tak jarang pula Anda harus bekerja sama dalam melakukan proyek tertentu.

Supaya pekerjaan tetap lancar dan produktif, pastikan juga diri Anda bisa menjadi rekan kerja yang menyenangkan. Ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

1. Awas, gosip!

Setiap kantor biasanya memiliki rekan kerja yang senang bergosip. Tapi, hati-hati karena bergosip bisa menjadi bumerang dan berbalik menyerang Anda.

Saat rekan kerja bergosip, dengarkan sambil lalu dan jangan ikut-ikutan menyebarkan, apalagi menambahinya dengan ‘bumbu’ yang tidak Anda ketahui kebenarannya.

Terlalu sering bergosip juga bisa membuat perusahaan mempertanyakan sikap profesional dan kejujuran Anda.

2. Tetap positif

Ada pula rekan kerja yang selalu negatif dan terus-menerus mengeluh tentang sesuatu. Jika Anda kesal akan sesuatu, jangan tumpahkan rasa frustrasi Anda di depan semua orang. Sembunyikan keluhan dan berhenti membesar-besarkan sesuatu yang tidak penting.

Anda akan lebih disukai jika Anda mampu menjadi orang yang berpikir positif dan selalu melihat segala sesuatunya dari sisi yang baik. Cobalah tebarkan semangat positif Anda pada rekan-rekan kerja di sekitar Anda.

3. Diam itu emas

Dalam ruang kerja yang tidak besar, kadang Anda bisa menemukan kebiasaan-kebiasaan rekan kerja yang mengganggu. Misalnya, mendengarkan lagu keras-keras, membunyikan permen karet, atau berbicara di telepon keras-keras.

Coba hindari kebiasaan mengganggu seperti itu, terutama jika Anda bekerja di tempat yang perlu ketenangan. Buat nada panggil telepon Anda dalam volume terendah, gunakan headphone saat mendengarkan musik, dan bicara dalam suara pelan saat menerima telepon untuk keperluan pribadi.

4. Hargai privasi

Apa perasaan Anda jika ada rekan kerja yang terlalu sering berada di meja kerja atau kubikel Anda? Atau jika mereka dengan seenaknya mengambil barang-barang yang ada di meja kerja Anda tanpa minta izin? Tentunya merasa terganggu.

Karena itu lakukan yang sama kepada rekan kerja dengan menghargai privasi mereka. Hindari melihat isi komputer rekan kerja atau menguping pembicaraan mereka dengan orang lain.

Selain itu, jangan membawa makanan dengan bau menyengat yang bisa mengganggu orang lain dan memakai wangi-wangian yang menyengat. Percaya atau tidak, selain suara, bau-bauan juga bisa mengganggu.

5. Jadilah bagian dari tim

Memang tidak salah jika Anda ingin lebih sukses, tapi ingat juga bahwa Anda bekerja dalam sebuah perusahaan, sekelompok orang yang bekerja untuk mencapai tujuan sama.

Jangan hanya ingin mencapai kesuksesan pribadi yang akhirnya harus menjatuhkan orang lain. Atasan juga akan melihat kemampuan Anda bekerja dalam tim serta bagaimana Anda dinilai oleh sesama rekan kerja.

Source : tempo.co
Ilustrasi Gambar : www.money.id

Previous articlePerhatikan 5 Hal Ini Jika Ingin Menjadikan Hobi Sebagai Pekerjaan
Next articleManfaat Garam Laut untuk Kesehatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.