Jelajah Balikpapan Barat

Jelajah Balikpapan Barat

394
0
SHARE

KALI ini, kita jalan-jalan ke wilayah Barat Kota Balikpapan. Dimulai dari Pasar Kebun Sayur yang tampaknya “begitu-begitu saja”, tapi secara statistik selalu menjadi destinasi tertinggi kunjungan wisata di Balikpapan — kejar-kejaran dengan Pantai Manggar.

Di Pasar Kebun Sayur — yang tak menjual sayur itu — aneka souvenir khas Kaltim menjadi magnet wisatawan untuk berburu oleh-oleh. Di depannya, ada Plaza Bunsay. Satu-satunya plaza di bagian barat kota ini dan di dalamnya lazim ada aktivitas tawar menawar.

Ada juga tiga tempat yang berkaitan dengan sejarah di sini. Pertama, museum milik Kodam VI Mulawarman yang berisi berbagai kenangan literatur sejarah dokumentasi pra kemerdekaan. Kedua, Rumah Panggung Dahor Heritage yang memajang foto-foto Balikpapan Tempo Doeloe. Dan satu lagi, Lapangan Foni, yang pernah didatangi Presiden Soekarno beberapa waktu setelah deklarasi kemerdekaan.

Untuk agar tidak terlupakan, kami juga mengangkat kembali Kampung Atas Air, yang dulu sempat jaya, menjadi kebanggaan kota dan mengantar Balikpapan memperoleh penghargaan — namun sayang, kini nasibnya sedikit terabaikan. Ada juga Mangrove Margomulyo yang siap dieksplorasi. Semua menjadi bagian dari magnet pariwisata kota ini.

Mari bersama kita eksporasi. [*]

1. Pasar Kebun Sayur

2. Plaza Bunsay

3. Museum Kodam

4. Dahor Heritage

5. Lapangan Foni

6. Kampung Atas Air Margasari

7. Hutan Mangrove Margomulyo

8. Pelabuhan Kampung Baru Tengah

Source : Majalah DISCOVER BALIKPAPAN Edisi 57 September 2016

LEAVE A REPLY