Lima Gunung Ini Pantas Untuk Disambangi Pendaki Pemula

Lima Gunung Ini Pantas Untuk Disambangi Pendaki Pemula

377
0
SHARE

Mendaki gunung bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan, terutama bagi pemula. Berikut 5 gunung yang harus dikunjungi oleh Anda para pendaki pemula.

Melihat keindahan alam layaknya matahari terbit ataupun lautan awan secara langsung dari puncak gunung, tentu menjadi pengalaman yang ingin dirasakan bagi setiap orang. Namun, mendaki gunung bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan, terutama bagi pemula.

Berikut 5 gunung yang harus didaki oleh pemula:

1. Gunung Nglanggeran

Gunung ini terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta. Perjalanan mendaki gunung ini tidak memakan waktu lama, kurang lebih dua jam perjalanan. Meski demikian, medan yang dilalui cukup sulit karena harus melewati jalanan tanah serta lorong- lorong bebatuan yang sempit.

Selain itu, terdapat papan penunjuk arah yang terlihat jelas sehingga membantu pendaki agar tidak tersesat.

2. Gunung Papandayan

Dengan mendaki selama kurang lebih empat jam perjalanan, gunung yang berada di Garut, Jawa Barat ini akan memberikan pemandangan yang luar biasa bagi para pendakinya, yakni hamparan padang bunga Edelweis yang cukup luas.

Selain itu, tidak jauh dari puncak gunung tepatnya di pos peristirahatan Pondok Salada, terdapat banyak penjual makanan maupun minuman. Maka, pendaki yang datang tidak perlu khawatir untuk kehabisan stok makanan.

3. Gunung Penanggungan

Walau hanya memiliki tinggi 1.653 meter di atas permukaan laut, gunung ini tetap cukup sulit untuk ditaklukan bagi pemula karena kemiringannya yang mencapai 65 derajat.

Tak hanya sebagai sasaran pendakian, gunung di Jawa Timur ini juga menjadi tempat untuk berziarah karena di sekitar lereng gunung ini ditemukan berbagai peninggalan purbakala.

4. Gunung Merbabu

Sedikit lebih menantang, gunung Merbabu yang berada di Jawa Tengah ini memang kerap menjadi tempat pendadaran bagi pecinta alam pemula. Dengan memiliki tinggi 3.145 meter di atas permukaan laut, membuat pendaki membutuhkan latihan yang cukup, sebelum mampu mendaki gunung ini.

Di tempat ini pun terdapat lahan yang luas dan juga sumber air yang melimpah, sehingga memudahkan pendaki untuk menginap dan membuat tenda di tempat ini.

5. Gunung Batur

Sedikit bergeser ke pulau Bali, gunung yang memiliki tinggi 1.717 ini sangat ramah untuk Anda yang baru pertama kali hiking. Untuk mencapai puncaknya, paling lama membutuhkan waktu tiga jam, dan dengan medan yang terbilang mudah.

Tidak selamanya liburan ke Bali harus mengunjungi pantai. Sesampainya di puncak gunung ini, Anda akan disuguhi dengan pemandangan Danau Batur yang sangat indah. Atau, luangkanlah waktu Anda untuk menginap dan melihat matahari terbit dari tempat ini. Sensasi yang luar biasa.

Source : National Geographic Indonesia
Link Gambar : Katalogwisata.com

LEAVE A REPLY