Ingin Traveling ke Luar Negeri Gratis? Ikut 5 Organisasi Ini

Ingin Traveling ke Luar Negeri Gratis? Ikut 5 Organisasi Ini

630
0
SHARE

Tren traveling agaknya mulai beranjak ke arah yang lebih bermakna. Mengunjungi suatu tempat tidak lagi hanya untuk menikmati keindahan alam saja, tapi Anda juga bisa memberikan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat setempat. Kegiatan traveling yang dikombinasikan dengan kegiatan volunter ini dikenal dengan istilah voluntourism.

Banyak organisasi dunia yang memberikan kesempatan bagi orang-orang yang ingin menjadi relawan melalui kegiatan-kegiatan yang mereka lakukan di seluruh dunia. Dengan mengikuti program organisasi kemanusiaan tersebut, Anda bisa membantu sesama sekaligus bisa traveling gratis.

Berikut adalah daftar organisasi sukarelawan yang bisa kamu ikuti untuk mendapatkan kesempatan traveling gratis ke berbagai negara, seperti dikutip dari laman matadornetwork.com, (Senin, 14/11/2016).

WWOF (World Wide Opportunities on Organic Farms)

WWOF adalah organisasi yang membantu orang-orang yang ingin menjadi sukarelawan di bidang pertanian organik. Makanan dan penginapan akan ditanggung oleh pihak organisasi. Sukarelawan bisa bergabung dalam kegiatan pertanian organik di 53 negara. Mereka bisa tinggal selama satu minggu sampai beberapa tahun. Kunjungi situs-nya www.wwoof.org.

Sudan Volunteer Program

Kegiatan utama organisasi ini adalah mengajarkan Bahasa Inggris di Sudan. Sukarelawan akan ditempatkan di sekolah-sekolah atau universitas, selain itu juga sukarelawan ikut bergabung dalam program-program kemanusiaan untuk masyarakat setempat. Biaya perjalanan ke Sudan memang ditanggung oleh sukarelawan, tapi semua biaya hidup di sana akan ditanggung oleh pihak organisasi, termasuk mendapatkan gaji bulanan. Kunjungi situsnya www.svp-uk.com.

United Nations Volunteers

Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) memberikan kesempatan bagi para sukarelawan untuk bergabung di bidang peningkatan ekonomi dan kesehatan setelah bencana alam di banyak negara. Tapi perlu diketahui, kesempatan ini hanya diberikan bagi mereka yang telah berpengalaman.

Turtle Teams

Organisasi ini memiliki kepedulian pada spesies kura-kura yang terancam punah. Untuk info lebih lengkap, silakan kunjungi situsnya www.seaturtles.org dan www.cccturtle.org.

Help Exchange

Organisasi ini menyediakan banyak kesempatan volunteering di berbagai negara. Adapun bentuk kegiatannya adalah membantu pekerjaan di lahan pertanian, mengajar di sekolah, terlibat dalam kegiatan keagamaan, membangun gedung, atau kegiatan sederhana seperti mengantar jemput anak pulang sekolah. Kunjungi situsnya di www.helpx.net

Selain kelima organisasi di atas, masih banyak organisasi lain yang menyediakan tempat tinggal dan biaya perjalanan sebagai timbal balik bantuan yang diberikan para sukarelawan. Anda tertarik untuk menjalani voluntourism? Silakan pilih organisasi mana yang sesuai minat dan kemampuan Anda. (Ana Fauziyah)

Source : Liputan6.com
Link Gambar :

LEAVE A REPLY