5 Hal Yang Dianggap Membatalkan Puasa Sebenarnya Boleh Dilakukan

5 Hal Yang Dianggap Membatalkan Puasa Sebenarnya Boleh Dilakukan

465
0
SHARE
Makan dan minum di siang hari sudah jelas bisa membatalkan puasa. Saat berpuasa juga perasaan takut alias was-was akan apa saja perbuatan yang membatalkan puasa memang kerap kali datang.

Perlu diketahui, ada beberapa hal yang dianggap membatalkan puasa padahal sebenarnya boleh dilakukan selama berpuasa dari terbit fajar sampai terbenamnya matahari. Misalnya saja menyikat gigi, bercumbu dengan istri, dan juga keramas. Beberapa aktivitas tersebut sering dianggap bisa membatalkan puasa, padahal boleh lho dilakukan.

Berikut keterangan lebih lanjutnya bahwa beberapa hal yang dilarang tersebut saat puasa sebenarnya boleh dilakukan.

1. Bercumbu dengan istri 
Yang tidak boleh dilakukan saat puasa yaitu melakukan hubungan seks saat siang hari. Kalau sekedar bercumbu dengan istri, sebenarnya hal itu boleh dilakukan selama itu dengan istri sendiri.

“Nabi SAW pernah mencium dan bercumbu dengan istrinya ketika puasa, namun beliau adalah orang yang paling kuat menahan nafsunya.” (HR. Al Bukhari dan Muslim).

2. Keramas
Banyak anggapan bahwa dikeramas saat siang hari dapat membatalkan puasa. Padahal tidak ada salahnya dikeramas saat puasa selama itu niatnya untuk menjaga kebersihan dan membuat tubuh tetap segar.

3. Berkumur dan memasukan air ke hidung saat wudhu
Berkumur dan menghirup air melalui hidung adalah hal yang wajib kita lakukan saat wudhu. Nah, saat puasa jangan terlalu kuat menghirup airnya, atau sengaja menelan air kumur ketika wudhu.

4. Menggosok gigi siang hari
Islam adalah agama yang menyebarkan rahmat. Jika selama berpuasa Anda tidak menggosok gigi, kemudian menyebabkan bau mulut yang membuat orang lain merasa tidak nyaman, apakah itu rahmat? Menggosok gigi selama berpuasa sebenarnya boleh dilakukan dengan niat membuat mulut tetap segar, bukan mencari alasan untuk menghilangkan haus.

5. Mimpi basah 
Keluarnya air mani selama berpuasa dianggap membatalkan puasa. Namun jika tidak disengaja seperti saat mimpi basah, hal itu tidak membatalkan puasa.

 
Source : wowmenariknya.com
 

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.