5 Hal Simpel Ini Agar Menjadi Mahasiswa yang Anti Mainstream

5 Hal Simpel Ini Agar Menjadi Mahasiswa yang Anti Mainstream

188
0
SHARE

1. Presentasi jangan hanya sekedar membaca, kuasai materinya agar kamu terlihat lebih pintar.

Coba yuk belajar menguasai materi ketika presentasi

Coba yuk belajar menguasai materi ketika presentasi via https://www.entrepreneur.com

Mahasiswa sekarang umumnya tidak menganggap penting tugas presentasi yang diberikan oleh dosennya, membuat presentasi hanya bermodalkan internet, Wikipedia dan kedua tombol keyboard yaitu Ctrl C ditambah Ctrl V tanpa menguasai materi dari presentasi yang akan dibuat.

Alhasil, ketika presentasi hanya akan membaca isi materi tanpa ada penjelasan yang matang dari diri mu. Tentunya hal ini akan membuat kamu dipandang sebagai mahasiswa yang tidak mempunyai skill public speaking dan tidak cerdas dalam menyampaikan suatu materi di hadapan orang banyak.

Coba deh kamu mulai membuat presentasi yang hanya berisi poin-poin penting dan menghapus penjelasan yang terlalu panjang dalam slide presentasi mu. Kemudian, kamu kuasai sepenuhnya tentang materi tersebut, agar ketika presentasi, kamu dapat menjelaskan secara detail dari poin-poin yang sudah kamu pasang di slide presentasimu tanpa harus membaca keseluruhan isi materi. Percaya deh, dengan melakukan hal ini, kamu akan dicap sebagai mahasiswa yang beda dari yang lain yang hanya modal copy paste dalam menyampaikan presentasi.

2. Jangan sekedar copy paste ketika membuat tugas, susunlah menggunakan pengetahuanmu.

Mulai sekarang, jangan asal copy paste ketika membuat tugas yaa.

Mulai sekarang, jangan asal copy paste ketika membuat tugas yaa. via https://www.shutterstock.com

Mahasiswa sekarang juga umumnya malas untuk mengerjakan tugasnya tanpa bantuan internet yang kemudian berujung hanya sekedar copy paste, mahasiswa seperti ini hanya berpikir untuk menyelesaikan tugasnya tanpa mendapatkan pengetahuan tentang apapun dari tugas tersebut. Padahal, ketika mengerjakan tugas, kamu tidak hanya sekedar diinstruksikan untuk menyelesaikan tugas tersebut, namun diharapkan kamu dapat sekalian belajar dan mendapatkan pengetahuan baru dari tugas tersebut.

Nah, coba deh sekarang kamu mulai nongkrong di perpustakaan untuk mencari referensi buku untuk mengerjakan tugas-tugas mu, tugas mu jadi rampung dan kamu pun akan dapat pengetahuan baru, ketimbang hanya copy paste dari internet. Passing without Learning is not a good thing.

3. Berusahalah agar tidak mencontek ketika ujian, toh, nilai dari usaha sendiri itu lebih membanggakan.

Dibuang kebiasaan nyontek ketika ujian ya...

Dibuang kebiasaan nyontek ketika ujian ya… via http://www.bbc.com

Di zaman sekarang, hasil akhir memang selalu dibanggakan ketimbang proses yang ditempuh dalam suatu hal. Layaknya ujian, kamu akan lebih disanjung oleh orang banyak ketika mendapatkan nilai bagus, entah proses mendapatkan nilai bagus itu kamu lakukan dengan cara apa. Berbeda dengan mahasiswa yang mungkin mendapatkan nilai ‘biasa’ tapi dengan jerih payahnya sendiri, tetap saja pada akhirnya hanya hasil yang dilihat.

Perlu diketahui, rasa bangga dari hasil nyontek hanya didapatkan dari sanjungan banyak orang, ditambah kamu juga tidak mendapatkan apa-apa, sekali lagi passing without learning. Berbeda dengan yang mendapatkan nilai biasa saja tapi didapatkan dari hasil belajar mati-matian, kamu dapat mendorong diri kamu lebih keras lagi untuk berusaha mendapatkan nilai yang lebih bagus dan kamu juga akan merasa kebangaan sendiri karena meraihnya dengan hasil usaha mu sendiri.

Oleh karena itu, kita tidak perlu membuat orang banyak untuk mensanjung nilai bagus dari hasil nyontek, cukuplah kita berbangga sendiri dengan hasil yang kita raih dengan upaya yang jujur.

4. Sekali-kali cobalah menjajal kegiatan non akademik, jangan ke kegiatan akademik melulu.

Coba ukir prestasimu di kegiatan non akademik yaa.

Coba ukir prestasimu di kegiatan non akademik yaa. via http://www.youthmanual.com

Ada beberapa mahasiswa yang hanya fokus kepada akademik ataupun ke kegiatan non-akademik, perlu diketahui bahwa kedua hal ini sama pentingnya untuk kamu dapatkan ketika kuliah. Namun, ada beberapa mahasiswa yang menganggap bahwa kegiatan non akademik itu bukan hal ‘wajib’ untuk didapatkan ketika kuliah.

Padahal, banyak loh manfaatnya ketika kita mengikuti kegiatan non akademik di kampus, seperti mengikuti organisasi-organisasi internal kampus seperti BEM, Unit kegiatan mahasiswa atau Senat Mahasiswa, seperti mendapatkan teman baru yang lintas jurusan, memperluas jaringan sosialmu dan menambah pengetahuan tentang hal-hal yang berhubungan dengan keorganisasian. 

Kalau yang ‘wajib’ seperti kegiatan akademik dapat kamu tempuh dengan baik, kenapa enggak coba yang ‘sunnah’ dicoba dijalankan juga, pastinya bakal banyak banget manfaat positif yang dapat kamu raih.

5. Yang terakhir, jalanilah masa kuliah mu dengan sungguh-sungguh tanpa harus ada tekanan dari siapa pun.

Jalani kuliah dengan niat yang tulus yaaa.

Jalani kuliah dengan niat yang tulus yaaa. via http://www.robotbutt.com

Terakhir agar kamu bisa menjadi mahasiswa yang beda dari lainnya adalah dengan menjalani masa kuliah mu dengan niat yang tulus untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat serta berguna untuk membantu dirimu menjadi lebih baik lagi. Mungkin kamu sering dengar kata-kata seperti “ah, gue mah kuliah karena disuruh orang tua gue, gue sendiri sebenernya males” atau “malu gue kalau gak kuliah, masa nanti ngumpul sama teman-teman SMA, gue doang yang gak kuliah“.

Mahasiswa seperti itu dijamin pasti tidak menikmati masa kuliahnya, dikarenakan ada tekanan yang masuk ke dalam dirinya dari bermacam-macam sisi membuat dirinya menjalani masa kuliah berdasarkan perkataan orang lain, bukan mengikuti kata hatinya sendiri.

Milikilah mind set bahwa kamu kuliah untuk membanggakan kedua orang tua mu, agar mendapatkan pekerjaan yang layak, agar mendapatkan pengetahuan yang lebih dan juga agar kamu menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Jangan kuliah karena kamu takut atas apa yang dipikirkan oleh orang lain terhadap dirimu.

Itulah beberapa hal yang dapat kamu lakukan agar menjadi mahasiswa yang beda dari mahasiswa umunya. Nyontek pas ujian, cuman copy paste pas buat tugas ataupun kuliah karena disuruh orang tua merupaka hal-hal yang dimiliki mahasiswa mainstream. Nah, buktikan ya kalau dirimu bukan salah satu dari mahasiswa tersebut.

Source : hipwee.com

Write by : Denny Andika

LEAVE A REPLY