Melatih Otak Untuk Mengingat Lebih Banyak

Melatih Otak Untuk Mengingat Lebih Banyak

292
0
SHARE

Tak sengaja, Anda bertemu dengan seorang teman di jalan. Teman tersebut memberitahu bahwa akan ada reuni SMA lengkap dengan tanggal, waktu, lokasi, dan apa saja yang harus dibawa. Tak lama setelah berpisah, Anda lupa.

Bila sering bermasalah dengan ingatan, meski terkesan bukan masalah serius, cobalah untuk melatih otak Anda mengingat lebih banyak. Latihan ini juga berguna agar Anda bisa belajar sesuatu lebih cepat.

Melatih serta menjaga otak sangatlah penting karena otak bekerja 24 jam sehari, tujuh hari seminggu, serta 365 hari selama setahun untuk mengelola tubuh, pikiran, perilaku, dan seluruh hidup manusia.

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah berhentilah merokok. Studi yang dilakukan oleh peneliti dari University of Michigan menunjukkan bahwa perokok memiliki tingkat IQ lebih rendah dibandingkan dengan bukan perokok. Kebiasaan merokok dapat memperlambat kemampuan Anda untuk berpikir.

Cara kedua ialah belajar keterampilan baru. Mengerjakan hal yang itu-itu saja dalam kehidupan sehari-hari dapat mengurangi kemampuan otak. Sehingga ketika mencoba hal baru, otak akan bereaksi dengan cara yang berbeda.

Keterampilan ini bisa jadi belajar bahasa asing, memasak, menyulam, menyetir, atau apa pun yang Anda sukai. Melakukan sesuatu yang berbeda berulang kali akan membantu diri sendiri melakukan hal baru ini dengan lebih baik dan lebih cepat.

Anda bisa memulainya dengan mengubah kegiatan yang biasa dilakukan sehari-hari. Misalnya, ganti kebiasaan sarapan sarapan sebelum dandan menjadi setelah berdandan. Anda juga dapat mencoba menyikat gigi dengan tangan yang berlawanan, mandi dengan mata tertutup, mengubah urutan saat mandi, atau mengajak hewan peliharaan Anda berjalan-jalan dengan rute yang berbeda.

Kebiasaan lain yang bisa diubah misalnya pindah kursi lain saat naik bus ke kantor, lebih banyak bersosialisasi dengan orang lain, makan makanan yang tidak biasanya dikonsumsi, juga membaca sesuatu yang berbeda.

Selanjutnya adalah mempertajam ingatan. Cara seru yang bisa dilakukan misalnya saat menonton film, cobalah ingat semua nama pemeran, atau lokasi-lokasi sebanyak mungkin.

Dalam buku The Creative Habit, ditulis bahwa kebanyakan orang tidak dapat mengingat lebih dari tiga hal. Mengingat dan mengulang bisa jadi hal sederhana yang bisa dilatih.

Misalnya saat berkenalan dengan orang lain, ulangilah menyebut namanya, bukan hanya fokus pada memperkenalkan nama sendiri.

Memberikan pengalaman baru pada otak Anda akan membuatnya lebih sehat. Cobalah latihan latihan ini untuk mencegah kehilangan ingatan dan pertajam pikiran Anda.

Tentu upaya ini bisa lebih baik jika Anda juga memberi otak asupan yang bergizi untuk membuat pikiran lebih sehat. Bluberi, ikan salmon, kacang-kacangan dan biji-bijian, avokad, jus delima, teh, cokelat hitam, merupakan beberapa contoh makanan yang baik untuk membuat otak lebih sehat. Hindari konsumsi karbohidrat berlebihan dan asupan gula yang terlalu tinggi.

Ingat juga bahwa kualitas tidur yang baik dapat memengaruhi kesehatan otak. Otak juga butuh banyak istirahat untuk menyingkirkan dan mengganti sel yang rusak.

Dengan 8 jam sehari, atau secukupnya bagi tubuh Anda, itu akan memastikan bahwa pabrik sel dalam tubuh menciptakan suku cadang dengan kualitas terbaik.

Selain itu, meditasi juga rupanya dibutuhkan untuk otak. Dengan memperlambat gelombang otak Anda ke negara alfa dan theta, meditasi membantu Anda memasuki otak kanan yang lebih kreatif.

Meditasi dapat meningkatkan fokus, konsentrasi, dan memori menjadi lebih baik. Orang dewasa yang rutin bermeditasi akan memiliki memori yang lebih baik.

 

Source : Beritagar.id

LEAVE A REPLY