Pasar Kebun Sayur, Surga Souvenir Khas Balikpapan

Pasar Kebun Sayur, Surga Souvenir Khas Balikpapan

239
0
SHARE

Oleh: Harry F. Darmawan/GoDiscover

OBJEK wisata belanja yang satu ini bisa dibilang unik. Unik karena meski namanya Pasar Kebun Sayur, pasar ini bukan tempat yang menjajakan berbagai jenis sayuran, bahan makanan mentah dan bumbu dapur seperti pasar pada umumnya, melainkan sebuah pusat perdagangan kerajinan. Mulai dari petinggi negara, artis, pejabat penting, wisatawan asing, sampai wisatawan lokal kerap berkunjung ke pasar ini jika ingin membeli oleh-oleh atau souvenir khas Kaltim — khususnya Balikpapan.

Di Pasar Kebun Sayur, kita dapat menemukan berbagai souvenir dan beragam aksesoris dari batu-batu, baik dalam bentuk gelang, kalung, cincin, bros, dan lain-lain. Tak hanya itu, kain tenun, sarung, batik khas Balikpapan dan souvenir lainnya yang terbuat dari untaian manik-manik warna-warni, yang disusun sedemikian cantik dengan benang dan dijadikan tas, dompet, tempat tisu, tempat pensil, maupun perlengkapan lainnya sangat mudah ditemukan di sini.

Di beberapa kios di Pasar Kebun Sayur juga menjual kerajinan tangan khas Suku Dayak, seperti Mandau, Baju Adat Dayak, Topi Dayak dari untaian manik, Miniatur Rumah Dayak, Gelang Akar, Kopiah dari akar, serta beragam batu mulia. Batu mulianya terdiri dari beragam jenis, seperti kecubung, akik, zamrud, safir, delima, hingga berlian.

Ada juga kios yang menyediakan berbagai obat-obatan tradisional untuk segala penyakit, ramu-ramuan dan jamu.

Walaupun disebut pasar, sumpek saat berbelanja tidak akan kita rasakan di sini. Itu karena jarak antar kios di Pasar Kebun Sayur ini relatif tertata. Kita bisa leluasa tawar-menawar harga, tanpa menghalangi jalan orang lain.

Bicara soal tawar-menawar, jika tertarik suatu barang, sebaiknya pertimbangkan untuk melakukan perbandingan harga dengan kios lainnya. Itu karena harga di masing-masing kios berbeda.

Bila harga barang tersebut ternyata tidak beda jauh antar kios, maka proses negoisasi bisa dilakukan untuk mendapat harga yang miring. Menurut pengalaman kami, tawar-menawar di pasar ini bisa menurunkan harga sampai 25%.

Jika sudah puas berbelanja dan rasa lapar mulai muncul, jangan khawatir. Di sekitaran Pasar Kebun Sayur cukup banyak ditemui warung makan. Masakannya pun beragam, seperti Nasi Campur, Coto Makassar, Bakso, dan lain-lain. Penjaja makanan ringan pun juga dapat ditemui di kawasan Pasar Kebun Sayur seperti Pisang Gapit, Salome dan lainnya.

Selain itu, kita bisa menemukan berbagai macam APD (Alat Pelindung Diri), seperti sepatu, helm, kacamata, sampai wearpack, baik baru maupun bekas layak pakai.

Pasar Kebun Sayur pernah mengalami kebakaran pada September 2015 lalu. Dampaknya, ada beberapa kios di pasar ini yang pindah, bahkan tutup, terutama di kawasan belakang pasar. Namun, aktivitas tetap berlanjut. Sementara reruntuhan bangunan pasca kebakaran masih terlihat di bagian belakang. [*]

LEAVE A REPLY