Gandeng Mahasiswa, Bersihkan Situs Sejarah

Gandeng Mahasiswa, Bersihkan Situs Sejarah

260
0
SHARE

HUT KE-5 BALIKPAPAN TEMPO DOELOE

Oleh: Harry F. Darmawan/GoDiscover

“SEJARAH Ada Karena Manusia Ada”, itulah tema yang diusung pada gelaran 5th Anniversary Balikpapan Tempo Doeloe, Kamis (21/9) pagi ini. Event itu digelar di salah satu situs sejarah peninggalan Jepang di Balikpapan, yakni Meriam Jepang.

Ketua Panitia Pelaksana 5th Anniversary Balikpapan Tempo Doeloe Rachmad Ravael mengungkapkan, Meriam Jepang ini merupakan meriam yang terbesar pada zamannya, tahun 1945 dan hanya ada dua di Indonesia. “Pertama di Biak dan yang kedua di Balikpapan,” sebutnya.

Sebelum memulai acara yang bertajuk “Sejarah Ada Karena Manusia Ada” ini, para mahasiswa, anggota berbagai komunitas di Balikpapan dan pelajar yang hadir diajak untuk sama-sama membersihkan area sekitar Meriam Jepang ini. Mereka memotong rumput liar yang tumbuh di sekeliling meriam dan mengumpulkan sampah yang berserak. Turut hadir Ketua RT sekitar pada acara ini.

Setelah itu, ada bincang santai mengenai berbagai situs sejarah di Balikpapan, terutama membahas tentang Meriam Jepang ini. Lalu ada fun games, potong tumpeng dan makan bersama di atas daun pisang yang disusun memanjang.

“Sebenarnya ulang tahun Balikpapan Tempo Doeloe itu minggu lalu. Acaranya kami sengaja kami buat hari ini karena ini hari libur,” jelas Ravael.

Ravael berharap, selain Balikpapan Tempo Doeloe ini semakin sukses, juga bisa terus mengenalkan sejarah Balikpapan pada masyarakat. “Semoga kami juga mampu membantu masyarakat dalam mengeksplorasi berbagai situs sejarah yang ada,” tutup pria yang akrab disapa Kang Pael ini.

SEKILAS BALIKPAPAN TEMPO DOELOE

Akun social media yang dibuat pada 13 September 2012 ini memiliki konten bertema sejarah Balikpapan. Pada awalnya, ada 10 orang yang terlibat dalam kepengurusan akun ini, tapi sekarang tersisa 7 orang yang meng-handle akun tersebut setiap hari.

Lewat akun ini, para aktivis dan komunitas sejarah Kota Balikpapan aktif menyuarakan dan mensosialisasikan berbagai hal mengenai sejarah Balikpapan. Tak jarang, mereka mengemas informasi sejarah itu melalui berbagai program di akun mereka. Salah satunya yakni “Cerbot” yang mereka lakukan di Instagram.

Menurut Kang Pael, akun ini didirikan untuk membantu masyarakat dalam mendapat informasi mengenai sejarah Kota Balikpapan. Mulai dari asal-usul nama “Balikpapan”, asal-usul tanggal lahir Kota Balikpapan, cerita perjuangan era pra-kemerdekaan, sampai berbagai kejadian bersejarah yang terjadi di Kota Minyak ini aktif mereka sampaikan melalui berbagai akun social media mereka.

Tak melulu online, mereka juga aktif membagikan informasi itu lewat kegiatan-kegiatan offline. Contohnya ada “Pameran Foto Sepinggan Tempoe Doeloe” yang bekerjasama dengan pihak PT. Angkasa Pura I selaku pengelola Bandara SAMS Sepinggan pada Agustus lalu, “Kopdar BPPN Doeloe” pada Juli 2017 dan salah satu yang paling berkesan yakni “Launching Museum Dahor Heritage Balikpapan” tahun 2016 silam.

Untuk kamu yang tak ingin ketinggalan informasi mengenai sejarah Kota Balikpapan, semua bisa kamu dapatkan di akun milik Balikpapan Tempo Doeloe. [*]

Twitter: @Bppn_Doeloe
Instagram: @bppn_doeloe
Fanpage Facebook: Balikpapan Tempo Doeloe
Line@: @bppn_doeloe (pakai @)

LEAVE A REPLY