Amartha Short Movie Festival #UNTUNGNYATERHUBUNG

Amartha Short Movie Festival #UNTUNGNYATERHUBUNG

153
0
SHARE

#UNTUNGNYATERHUBUNG adalah tema dari Amartha Short Movie Festival kali ini. Tema ini merupakan betuk komitmen Amartha menghubungkan orang-orang yang berada di kota besar dengan pengusaha-pengusaha kecil menengah di pelosok daerah Indonesia untuk mewujudkan ekonomi inklusif di Indonesia.

Amartha adalah pionir fintech peer to peer (P2P) lending untuk masyarakat <em>unbanked</em>. Amartha mempertemukan pengusaha mikro dan kecil pedesaan yang membutuhkan modal kerja Rp 3 jutaan dengan pemodal perorangan yang tertarik mendapatkan untung sekaligus memberikan social impact. Amartha sudah menyalurkan pembiayaan lebih dari Rp 103 Miliar dan memberdayakan lebih dari 40,000 pengusaha mikro. Amartha juga resmi terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Untuk mengikuti kompetisi short movie garapan Amartha ini, ada beberapa persyaratan dan ketentuan yang wajib dipatuhi seluruh peserta, yakni:

A. KETENTUAN UMUM

  1. Perlombaan Amartha Short Movie Festival adalah perlombaan yang dilakukan oleh PT. Amartha Mikro Fintek
  2. Perlombaan ini hanya terbuka untuk:

a. Setiap peserta yang mengisi formulir registrasi di www.shortmoviefest.amartha.com dengan keterangan sebagai berikut :

i.   Nama Tim
ii.  Nama lengkap (sesuai KTP) anggota tim
iii. Alamat email
iv. Nomor telepon yang bisa dihubungi
v.  Warga Negara Indonesia yang berdomisili di Indonesia

b. Film yang dapat diterima adalah film dengan durasi minimum 3 menit dan maksimum 5 menit

3. Video yang didaftarkan adalah video yang dibuat dan diproduksi oleh warga negara Indonesia yang memiliki tanda pengenal KTP.
4. Video yang didaftarkan adalah video yang diproduksi setelah tanggal 8 Agustus 2017 dengan untuk kategori Film Terbaik dengan 2 kategori:

a. Kategori Dokumenter
Tema : Pemberdayaan Usaha Kecil
Kita sebagai bangsa Indonesia memiliki kekayaan alam yang luar biasa, potensi sumber daya manusia, dan potensi ekonomi yang sangat besar. Amartha ingin mengajak Anda untuk menggali kekayaan dan potensi usaha kecil yang ada di pelosok Indonesia. Merekam cerita unik dari keseharian mereka yang telah terhubung dan berkembang, maupun usaha kecil yang belum pernah mendapat perhatian dari dunia luar sehingga kita bisa menghubungkan mereka dengan dunia luar-memberikan mereka peluang yang lebih besar untuk berkembang.
b. Kategori Fiksi
Tema: Pinjam-meminjam Dana Online
Ketika aktifitas pendanaan mendapat sentuhan teknologi dan inovasi, banyak perubahan yang terjadi. Tanpa sadar mempengaruhi kehidupan kita dan mungkin nilai-nilai yang sudah ada. Amartha ingin melihat sudut pandang Anda dari kacamata kreatif-mengenai hal ini. Apa saja cerita yang bisa diangkat? Statement apa yang ingin anda ceritakan? Kami ingin mengetahuinya lewat cerita unik lebih dari visual yang sekedar menarik.

  1. Peserta dapat mendaftar di lebih dari 1 kategori selama video yang diajukan sesuai dengan tema yang dipilih.
  2. Periode program ini adalah 8 Agustus 2017 – 24 Oktober 2017.
  3. Peserta wajib menyerahkan data dirinya apabila diminta oleh Panitia.

B. MEKANISME DAN PENILAIAN

  1. Pendaftaran online diperlukan untuk berpartisipasi di Short Movie Festival.
  2. Periode pendaftaran perlombaan dibuka pada 8 agustus 2017, 00.00 dan ditutup pada 9 Oktober 2017, 23.59 WIB.
  3. Video yang didaftarkan untuk mengikuti AMARTHA Video Competition 2017 dapat didaftarkan sesuai kategori yang diinginkan dengan cara:

a. Mengunggah (upload) video ke YouTube dengan format judul: AMARTHA-SHORT MOVIE_Judul Video.
b. Mengunggah (upload) video ke Google Drive atau Microsoft OneDrive dengan format judul : AMARTHA-SHORT MOVIE_Judul Video
c. Mengirimkan url YouTube video serta upload file cloud based (Google Drive atau OneDrive) tersebut ke website AMARTHA Short Movie Festival 2017

4. Peserta wajib juga mengirim synopsis dari film tersebut beserta setiap talent yang berpartisipasi di dalam film tersebut sebagai salah satu syarat utama untuk dipertimbangkan sebagai peserta program.
5. Hasil video akhir hanya menggunakan bahasa indonesia dengan teks terjemahan (subtitle) Bahasa Inggris.
6. Panitia sangat memperhatikan kualitas gambar dan alur cerita dari video yang didaftarkan sebagai salah satu kriteria penilaian.
7. Video yang didaftarkan tidak mengandung SARA, pornografi atau kekerasan.
8. Seluruh video yang didaftarkan bukan hasil plagiat atau yang melanggar hak cipta dari karya orang lain.
9. Pendaftar bertanggung jawab atas segala permasalahan hak cipta yang terkait dengan pembuatan dan kepemilikan video yang didaftarkan.
10. Seluruh biaya dan proses pengiriman materi video yang didaftarkan ke panitia AMARTHA Short Movie Festival merupakan tanggung jawab pendaftar.
11. Segala film yang didaftarkan menjadi hak milik panitia dengan tetap menghormati hak cipta peserta.

a. Panitia pre-seleksi akan melakukan seleksi terhadap seluruh video yang masuk untuk mencari 20 (dua puluh) finalis untuk setiap kategori.
b. Seleksi akan didasarkan kepada kelengkapan administratif serta kesesuaian tema yang diikuti
c. Setiap finalis akan mendapat pemberitahuan melalui email dan telepon dari panitia paling lambat 7 (tujuh) hari setelah penutupan periode audisi.

12. Setiap finalis akan diminta untuk membagikan video yang telah didaftarkan di Facebook dengan mention ke Facebook Page Amartha Mikro Fintek (@amarthaid) dengan mention dan menggunakan tagar (hashtag) #UNTUNGNYATERHUBUNG
13. Finalis dengan jumlah likes terbanyak di tanggal 22 Oktober 2017 jam 23.59. akan mendapatkan hadiah sebagai MOST FAVORITE dan berhak untuk mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp. 50,000,000.- (lima puluh lima juta rupiah)
14. Penilaian masing-masing kategori kompetisi akan dilakukan oleh juri yang dipilih oleh panitia kompetisi.
15. Penilaian oleh juri didasarkan pada cerita, teknis sinematografi dan pengarahan film.
16. Pemenang Film terbaik tiap kategori berdasarkan perhitungan dewan juri.
17. Pemenang tiap kategori akan mendapatkan :

a. Rp. 90,000,000 untuk peserta dengan jumlah nilai tertinggi dari masing-masing kategori
b. Rp. 60,000,000 untuk peserta dengan jumlah nilai tertinggi kedua dari masing-masing kategori

18. Hadiah akan dipotong sesuai pajak yang berlaku.
19. Hasil pengumuman akan diumumkan pada tanggal 24 Oktober 2017 dan dicantumkan dalam microsite AMARTHA Short Movie Festival 2017.
20. Keputusan Juri bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat. Permohonan banding atau korespondensi apa pun tidak akan dilayani.
21. Hadiah tidak dapat dipindahtangankan, tidak dapat dikembalikan dan tidak dapat ditukar dengan hadiah lain.
22. Panitia berhak menolak video yang terlambat didaftarkan dan berhak mendiskualifikasi pendaftaran video yang informasinya salah atau kurang lengkap.
23. Program ini adalah perlombaan dan bukan undian.

C. PENGUMUMAN PEMENANG & PEMBERIAN HADIAH

1. Pemenang utama akan diumumkan melalui email atau telepon paling lambat pada tanggal 24 Oktober 2017.
2. Penyerahan hadiah akan dilakukan paling lambat 30 (tiga puluh) hari kerja setelah pengumuman disampaikan.
3. Para pemenang harus dapat menunjukan KTP saat penyerahan hadiah. Jika tidak dapat menunjukan KTP yang sesuai dengan saat pendaftaran, maka pemenang tidak dapat mendapatkan hadiahnya.
4. Setiap penerimaan barang oleh Pemenang (atau kuasanya) yang dibuktikan dengan tanda tangan Pemenang (atau kuasanya) pada dokumen pengiriman barang yang menyertai, menjadi bukti yang sah dan mengikat atas penerimaan barang oleh Pemenang (atau kuasanya) dalam jumlah, spesifikasi dan/atau kondisi sebagaimana tercantum pada dokumen tersebut. Bila penerima barang bukan oleh Pemenang, maka Surat Kuasa bermaterai Rp.6.000 dan fotokopi KTP Pemenang
5. Semua pajak yang timbul dari pemberian hadiah sebagaimana diatur oleh ketentuan hukum yang berlaku, sepenuhnya menjadi tanggungan pemenang.
6. Hati-hati penipuan. Semua peserta dan pemenang program ini tidak dipungut bayaran apapun.

D. KETENTUAN KHUSUS

Data Pribadi & Privasi

1. Dengan menyetujui ketentuan & syarat ini, maka peserta bersedia dan memberikan ijin untuk dihubungi oleh Amartha Mikro Fintek melalui email, telepon atau sms untuk promosi atau kegiatan Amartha Mikro Fintek lainnya.
2. Data pribadi yang diberikan oleh peserta kepada Amartha Mikro Fintek sehubungan dengan program ini, akan digunakan oleh Amartha Mikro Fintek sebatas sesuai hukum dan ketentuan perlindungan data dan kebijakan Amartha Mikro Fintek mengenai privasi.
3. Peserta dan pemenang memberikan persetujuan kepada Amartha Mikro Fintek untuk menggunakan namanya dan data yang lain untuk keperluan promosi. Khusus pemenang, sepanjang diperkenankan oleh hukum, memberikan persetujuan kepada Amartha Mikro Fintek untuk penggunaan nama, riwayat hidup, dan pernyataan untuk keperluan iklan dan promosi tanpa pemberian imbalan.

Pembebasan Tanggung Jawab

1. Dalam hal apapun Amartha Mikro Fintek dan perusahaan afiliasinya, direksi dan karyawannya, atau pihak ketiga pemberi jasa yang digunakan oleh Amartha Mikro Fintek untuk tujuan yang terkait dengan Program, tidak bertanggung jawab untuk setiap kerugian atau kerusakan (termasuk namun tidak terbatas pada, hilangnya pendapatan, laba atau nama baik, kerugian-kerugian lain baik langsung mau pun tidak langsung yang dialami semua pihak termasuk pihak ketiga) yang dengan cara apapun terjadi dikarenakan kesepakatan, kesalahan, kelalaian atau hal-hal yang lain, yang terkait dengan program dan hadiah-hadiah yang disediakan.
2. Amartha Mikro Fintek dan agensi atau kontraktornya (jika ada) yang terlibat dalam program ini tidak akan menjamin bahwa:

a. Partisipasi dan atau akses untuk keseluruhan atau sebagian dari program ini, informasi dan fungsi-fungsi yang ada didalamnya akan diberikan tepat waktu, tanpa hambatan, aman dan terbebaskan dari kesalahan.
b. Tidak ada virus komputer yang akan dialihkan atau tidak ada kerusakan yang akan terjadi pada komputer Anda akibat dari keikutsertaan dalam program ini.

3. Semua materi yang diunduh dari internet adalah sepenuh menjadi wewenang dan risiko peserta, dan seluruh tanggung jawab ada di tangan peserta.

Lain-Lain

1. Program ini tidak berlaku bagi karyawan Amartha Mikro Fintek, pihak terafiliasi dan agensi/vendor Amartha Mikro Fintek yang turut serta dalam kegiatan ini.
2. Jika ada salah satu pernyataan dan/atau aplikasi dari persyaratan & ketentuan ditemukan batal, melanggar hukum atau tidak dapat dilaksanakan maka poin tersebut tidak mempengaruhi ketentuan & syarat lain untuk tetap berlaku, legal dan/atau dilaksanakan.
3. Memiliki hak untuk mengubah Ketentuan dan Syarat, jika dianggap perlu, tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
4. Seluruh peserta wajib menggunakan perangkat lunak asli dalam partisipasi di program ini.
5. Amartha Mikro Fintek berhak membatalkan hasil seleksi atau mendiskualifikasi peserta atau pemenang apabila diketahui adanya informasi yang diberikan tidak vaild / tidak sah.
6. Syarat dan ketentuan berlaku.

Berikut timeline Amartha Short Movie Festival #UNTUNGNYETERHUBUNG:

Untuk bisa bergabung dalam kompetisi ini, caranya cukup mudah, yakni:

Setiap video yang masuk akan disaring dan dipilih pemenangnya oleh lima orang dewan juri. Dewan jurinya bukan sembarang orang, melainkan orang-orang yang sudah lama berkecimpung di dunia sinematografi. Mereka adalah Nia Dinata (Sutradara), Chelsea Islan (Aktris), Garin Nugroho (Sutradara), Lucky Kuswandi (Sutradara) dan CEO Amartha Andi Taufan.

Dari dua kategori (Dokumenter dan Fiksi), dewan juri memilih dua video terbaik untuk dinobatkan sebagai Juara I dan Juara II, dengan masing-masing akan mendapat hadiah uang tunai sebesar Rp 90 juta dan Rp 60 juta. Dewan juri nantinya juga akan memilih satu video yang dinobatkan sebagai Most Favourite dan berhak memenangkan hadiah uang tunai sebesar Rp 50 juta.

Informasi lebih lanjut mengenai Amartha Short Movie Festival bisa didapat dengan klik di sini. [*]

LEAVE A REPLY