Masjid Madinatul Iman, Masjid Nabawi di Selatan Balikpapan

Masjid Madinatul Iman, Masjid Nabawi di Selatan Balikpapan

183
0
SHARE

Dibangun dengan konsep menyerupai Masjid Nabawi di Madinah, Masjid Madinatul Iman ini diresmikan Wali Kota Balikpapan pada 10 Februari lalu, atau bertepatan dengan momentum Hari Ulang Tahun Kota Balikpapan ke-120.

Desain yang serupa dengan Masjid Nabawi bisa dilihat dari mihrab Masjid Madinatul Iman dan mimbar Rasulullah, yang diharapkan para jamaah akan memiliki kesan beribadah serasa di Madinah.

Lalu kubah masjid dan payung-payung teduh juga mirip dengan yang ada di Masjid Nabawi. Keberadaan kubah dan payung teduh ini dimaksudkan sebagai simbol syiar Islam di Balikpapan yang membawa pesan Islam sebagai pelindung umat manusia, pencipta kedamaian rahmatan lil alamin.

Payung teduh di masjid seluas 14 hektare ini berjumlah 6 buah, sebagai simbol rukun iman dalam Islam yang berjumlah 6.

Masjid yang dalam pembangunannya menyedot anggaran mencapai Rp 329 miliar ini terletak di Jl. Belibis, Kelurahan Gunung Bahagia, Balikpapan Selatan.

Meski telah rampung pembangunannya sejak Agustus 2016 lalu, masjid berkapasitas hingga 10.000 jamaah ini memang masih harus menjalani serangkaian perbaikan dan penambahan beberapa infrastruktur pendukung.

Saat ini, masjid yang dibangun sejak tahun 2010 lalu ini memiliki lahan parkir yang dapat menampung kendaraan roda empat sebanyak 184 unit dan kendaraan roda dua sejumlah 643 unit. Gedung utama masjid dibangun seluas 8.500 m2, dengan dua lantai di dalamnya.

Ke depan nantinya juga akan dibangun fasilitas penunjang seperti, gedung serbaguna, gedung pendidikan, rumah imam dan rumah penjaga masjid. [*]

LEAVE A REPLY