8 Aturan Tidak Tertulis Ini Wajib Kamu Ketahui Saat Naik Pesawat

8 Aturan Tidak Tertulis Ini Wajib Kamu Ketahui Saat Naik Pesawat

154
0
SHARE

Seringkali saat naik pesawat, kamu akan banyak meminta tolong ini dan itu kepada pramugari. Kamu harus tahu kalau mereka ini juga manusia biasa sepertimu.

Para pramugari sebenernya pengen banget mengatakan hal-hal ini sama penumpang mereka. Tapi, apa daya mereka tentu gak bisa menyampaikannya secara langsung.

Kalau mau jadi penumpang yang baik, yuk simak aturan-aturan tidak tertulis yang perlu kamu tahu kalau naik pesawat terbang berikut.

1. Jangan Berangkat Terlalu Awal dan Pergi Terlalu Cepat

Kalau kamu naik pesawat, barangkali kamu akan dikelompokkan menurut nomor boarding pass secara acak. Ini sebenarnya dilakukan agar boarding menjadi lebih cepat dan efisien.

Jadi, kalau kalau kamu mengalami hal ini, tolong patuhi biar gak menyusahkan pramugari saat mengecek nomor tiketmu. Jangan masa bodoh dan masuk awal sesuka hatimu.

Hal yang sama berlaku ketika kamu mau turun dari pesawat. Tolong jangan terburu-buru melepas sabuk pengaman dan berdiri dari kursi saat pesawat akan mendarat.

Pramugari ingin kamu tahu kalau itu membuat pekerjaan mereka lebih sulit. Mereka harus memastikan semua penumpang aman, jadi jangan sesuka hati ya.

2. Pramugari Bukan Pengasuh Anak-anak

Hal lain yang harus kamu ketahui adalah para pramugari ini bukan pengasuh anak. Kadang kala memang ada pramugari baik yang akan dengan senang hati membantu, tapi sebenarnya itu bukan tanggung jawab mereka.

Kalau kamu membawa anak kecil dan ingin jadi penumpang yang baik, pastikan kamu menjaga sendiri anak-anakmu ya. Jangan lupa bawa makanan atau mainan yang bisa membantu mereka tenang. Para pramugari ini masih punya banyak tugas lain selain mengasuh anak.

3. Ingat! Kamu Bukan Satu-satunya Penumpang

Ini hal paling penting yang harus kamu ketahui. Kamu bukan satu-satunya penumpang di pesawat. Selain kamu, ada puluhan penumpang lain yang harus dilayani oleh para pramugari. Kadang kala jumlah pramugari juga tidak sebanyak penumpang.

Kalau kamu mau jadi penumpang yang baik, sebisa mungkin jangan bergantung pada bantuan pramugari. Apa yang bisa kamu lakukan sendiri, lakukan sendiri. Tak usah nunggu dibantu pramugari karena semua itu hanya akan membuat pelayanan pesawat jadi lambat.

Kalau terpaksa butuh banget bantuan pramugari, kamu bisa lebih sabar dulu kalau mereka belum datang menemuimu. Jangan keburu marah-marah. Ingat ya, selain membantu penumpang, pramugari ini juga harus memastikan keselamatan penumpang dan tentunya mereka sendiri.

4. Gunakan Fasilitas Sesuai dengan Tiket yang Kamu Beli

Gunakan fasilitas sesuai dengan tiket yang kamu beli. Ini bukannya membeda-bedakan secara material ya, tapi memang begitu seharusnya. Masing-masing fasilitas sudah disediakan sesuai dengan kelas yang kamu pilih saat naik pesawat.

Contohnya adalah saat menggunakan fasilitas toilet. Jika memungkinkan, jangan gunakan toilet di kelas penumpang lain, kecuali memang sudah diberi ijin. Ini hanya akan menyulitkan pramugari nanti saat memastikan keselamatanmu. Mereka akan kesulitan kalau kamu tidak berada di tempat yang semestinya.

5. Bantu Jaga Kebersihan Pesawat

Saat naik pesawat, pramugari-pramugari ini ingin kamu waspada pada kontaminasi kuman yang ada di pesawat. Pesawat adalah kendaraan umum yang kadang dipenuhi dengan orang-orang yang batuk dan bersin.

Sebagai penumpang, kamu harus ikut menjaga kebersihan di pesawat juga ya. Ingat tutup mulutmu saat bersin menggunakan tisu. Bawa pembersih tangan di tasmu untuk membantu pesawat tetap bersih dan bebas kuman.

6. Kamu Harus Tahu Apa yang Disediakan di Pesawat dan Tidak

Setiap maskapai penerbangan memiliki fasilitas yang berbeda-beda. Beberapa pesawat penerbangan internasional biasanya memang menyediakan makanan karena menempuh perjalanan panjang. Sebagai tambahan, mereka juga kadang menyediakan beberapa cemilan dan minuman lain.

Sebagai seorang penumpang, kamu harus tahu hal ini. Kalau kamu cuma naik pesawat dengan durasi kurang dari 3 jam, jangan minta yang aneh-aneh. Kalau kamu mau, kamu bisa bawa makanan sendiri dari rumah atau beli sebelum naik pesawat.

7. Jangan Ganti-ganti Menu Pesanan

Saat menempuh perjalan panjang dengan pesawat, pramugari akan bertanya menu makanan yang kamu inginkan. Kalau sudah seperti itu, tolong jangan ganti-ganti menu yang sudah kamu pilih.

Kamu harus tahu kalau persediaan makanan di pesawat ini terbatas. Keragu-raguanmu tidak hanya akan mengganggu penumpang lain, tapi juga boros. Pastikan kamu mau ambil makan atau tidak. Jangan bilang tidak mau, lalu saat pramugari lewat kamu bilang mau minum atau makan ya.

8. ‘Tolong’ dan ‘Terima Kasih’ Tak Susah Diucapkan Kok

Pramugari juga manusia. Mereka juga punya emosi. Berikan sopan santun pada pramugari yang bekerja melayani dan memastikan keselamatanmu.

Minta tolong boleh, tapi jangan lupa katakan “Tolong” dan “Terima Kasih” kalau sudah dibantu. Jangan semena-mena juga menunjukkan jarimu pada mereka. Pramugari ini harus melayani ratusan orang di pesawat, jadi kamu juga harus jadi penumpang yang baik dan sopan ya. (wk/kr)

Source: Wow Keren

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.