Ternyata Selama Ini Cara Mengecas Ponselmu Salah, Ini 7 Langkah yang Benar

Ternyata Selama Ini Cara Mengecas Ponselmu Salah, Ini 7 Langkah yang Benar

203
0
SHARE

Zaman sekarang, kebutuhan akan handphone tidak bisa dipungkiri lagi. Kamu mungkin juga sudah merasakan sulitnya kalau HP tiba-tiba mati karena baterai habis. Kadang kamu juga merasa kalau baterai kamu jadi gak awet.

Untuk mengatasinya, kamu mungkin sering melakukan sesuatu biar daya bateraimu tidak berkurang. Misalnya, kamu bakal mengisi bateraimu sampai 100 persen dulu baru dicabut. Kalau gak, kamu sering mengisi bateraimu sepanjang malam.

Tahukah kamu kalau beberapa hal yang kamu lakukan itu malah bikin umur bateraimu gak panjang? Daripada harus beli baru, mending kamu baca dulu tips-tips buat bikin bateraimu awet.

1. Sering-sering Isi Bateraimu

Kamu sering kali masih ragu, jangan-jangan baterai kamu jadi gak awet gara-gara sering diisi. Pasti gara-gara sering cabut-pakai nih. Jangan salah sangka dulu ya.

Kenyataannya, sering mengisi daya baterai malah bagus. Kalau kamu mau baterai kamu panjang umur, sering-seringlah mengisinya.

Kapanpun dan di manapun kamu menemukan colokan. Meskipun cuma beberapa menit aja, kebiasaan itu bisa bikin baterai kamu tetap terjaga kesehatannya lho.

2. Jangan Mengisinya Sepanjang Malam

Setelah dipakai seharian, biasanya kamu hanya akan mengistirahatkan HP di malam hari. Ya, saat kamu tidur. Beberapa orang memilih untuk mengisi baterainya sepanjang mereka tidur. Meskipun sudah penuh, mereka hanya akan mencabutnya ketika bangun. Terus sebenarnya boleh gak sih mengisi baterai sepanjang malam?

Jawabannya adalah nggak boleh. Meskipun beberapa HP terbaru punya kemampuan memutuskan sendiri ketika daya penuh, tapi kebiasaan ini tetep gak baik. Mengisi baterai semalaman tanpa pengawasan itu juga cukup bahaya. Selain akan merusak ketahanan baterai, ini juga bisa menimbulkan bahaya ledakan saat suhu baterai jadi panas.

3. Jangan Pakai HP Saat Sedang Diisi

Bermain HP tentu adalah kegiatan yang asyik. Saat baterai sudah hampir habis, kadang kita akan tetap memakainya sambil dicas. Boleh gak sih sebenarnya?

Jika kita tetap memainkan HP pada saat melakukan pengisian daya, dapat dipastikan baterai HP akan bekerja ekstra keras dalam menghasilkan daya. Kalau udah gini, biasanya HP akan cepat panas.

Terlebih bagi HP yang belum mengaplikasikan baterai tanam, alias baterainya masih bisa dilepas, kemungkinan baterai rusak akan lebih besar. Nah, kalau udah gini, mending jangan main HP saat dicas biar umur baterai kamu bertahan lama ya.

4. Jaga Level Bateraimu

Beberapa orang memilih mengisi daya baterainya sampai 100 persen. Mereka percaya kalau hal ini bisa bikin baterai mereka awet. Tapi kenyataanya ini salah lho.

Menurut penelitian, baterai lithium-ion dalam HP kamu akan awet jika baterainya selalu dalam level 65 sampai 70 persen. Kalau kesulitan, kamu juga bisa menjaga dayanya agar tetap di antara 45 sampai 70 persen. Gak perlu diisi sampai 100 persen deh, nyatanya baterai kamu malah bakal panjang umur kalau dayanya kurang dari itu.

5. Jangan Pakai Sampai Baterai Habis

Banyak dari kamu mungkin memilih menunggu baterai sampai 0 persen dulu baru diisi. Padahal baterai HP bisa diisi lagi meskipun belum mencapai 0 persen lho.

Jika kamu menunggu baterai sampi 0 persen dulu baru diisi, bisa jadi malah memperpendek umur bateraimu. Ini terjadi karena menambahkan tegangan tinggi secara tiba-tiba bisa membuat baterai tertekan.

Bukan cuma manusia aja lho yang bisa kaget. Baterai juga akan merasa kaget dan tertekan kalau diisi dari keadaan kosong. Pastikan kamu gak menunggu sampai 0 persen baru diisi ya

6. Berhenti Gunakan HP Kalau Suhunya Tinggi

Seperti yang udah dijelasin tadi, memakai HP di suhu yang tinggi akan sangat berbahaya. Suhu yang panas ini bisa disebabkan karena pemakaian terus menerus. Kalau udah gini, bisa jadi baterai HP kamu gak akan bertahan lama.

Jika smartphone tidak digunakan, tapi suhunya mencapai 40-60 derajat celcius mending kamu berhenti dulu. Kalau dipaksakan terus, baterai kamu akan jadi cepat rusak atau bahkan meledak. Serem kan?

7. Perhatikan Tempat Pengisian Baterai

Ini adalah hal paling penting yang harus kamu lakukan kalau mau baterai HP kamu awet. Jangan pernah mengisi baterai di tempat yang suhunya tinggi.

Baterai memiliki temperatur tertentu yang bisa ditoleransi. Nah, jika kamu menaruh HP di tempat yang begitu panas, otomatis suhu ponsel pun bisa meningkat.

Begitu juga dengan menempatkan HP di area dengan suhu sangat rendah, seperti di depan AC juga bisa menyebabkan masalah. Untuk itu, perhatikan tempat kamu mengisi baterai ya biar tetep bikin baterai kamu awet terus.

Sudah tahu kan sekarang, hal-hal apa aja yang bisa kamu lakuin buat bikin baterai kamu awet? Daripada harus beli lagi atau malah mengalami hal bahaya, mending kamu segera terapkan tips tadi buat bikin baterai kamu panjang umur. (wk/kr)

Source: Wow Keren

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.