Ini Makanan Brasil yang Mirip Makanan Indonesia

Ini Makanan Brasil yang Mirip Makanan Indonesia

173
0
SHARE

Kuliner Brasil mungkin belum terlalu populer di tanah air. Apalagi jika dibandingkan dengan kuliner Meksiko yang lebih akrab bagi lidah orang Indonesia. Namun, ternyata kuliner Brasil memiliki banyak kesamaan dengan kuliner Indonesia.

“Kuliner Brasil itu pada dasarnya mirip dengan kuliner Indonesia. Sangat kaya, banyak memanfaatkan santan dan minyak kelapa sawit,” kata Director of Culinary Keraton at The Plaza Hotel Jakarta, Rafael Gil ditemui di Bengawan Restaurant, Minggu (4/3/2018).

Juga sama seperti kuliner Indonesia yang berbeda tiap daerah, kuliner Brasil juga dibagi dalam tiga wilayah secara garis besar. Wilayah Brasil Utara, Tengah, dan Selatan.

“Kalau Brasil selatan itu seperti Rio de Janeiro, lebih banyak makanan fusion Eropa, pengaruh Jerman dan Spanyol. Disana juga lebih banyak turis dan pendatang,” kata Gil. Jika ingin merasakan kuliner Brasil yang autentik Gil menyarankan untuk merasakan makanan Brasil Utara.

Kami sendiri sempat mencicipi masakan Gil saat makan siang di Keraton at The Plaza Hotel. Ada banyak bahan makanan yang tidak asing di Indonesia seperti nasi, singkong, dan pisang.

Kebanyakan dimasak dengan cara dikukus. Sementara, untuk hasil laut seperti ikan, dimasak dengan santan. Terasa seperti kari, tetapi dengan versi yang lebih kental.

“Bisa saya simpulkan rasa makanan Brasil ini kuat dan kaya, karena ada banyak cabai, ketumbar, dan santan,” pungkasnya. (*)

Source: Kompas Travel

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.