Buat yang Belum Tahu, Ini Arti L, 2, dan 3 di Mobil...

Buat yang Belum Tahu, Ini Arti L, 2, dan 3 di Mobil Matik

4142
0
SHARE

Berbeda dengan mobil bertransmisi manual yang hanya angka saja, tuas transmisi mobil matik memiliki fungsinya masing-masing. Ada P, R, N, D, hingga L. Tapi apakah kamu tahu apa makna dibalik huruf-huruf itu?

Simbol seperti huruf P, R, dan N mungkin sudah banyak yang tahu. Karena umumnya tiga simbol tersebut ada pada setiap mobil bertransmisi matik.

Bagi yang belum tahu, P berarti Park digunakan saat mobil diparkir , R (Reverse) artinya untuk mobil bergerak mundur, N (Netral) maksudnya mobil dalam posisi Netral, dan D (Drive) yaitu berkendara.

Selain simbol huruf-huruf tersebut ada juga huruf dan simbol lain seperti L, 2, D3. Namun meski memiliki mobil bertransmisi matik tidak semua orang tahu apa fungsinya dan kapan digunakan.

Berikut kami ulas kapan transmisi tersebut digunakan mengutip dari situs Autodeal, Minggu (25/3).

Huruf L melambangkan Low. Artinya saat tuas transmisi dipindahkan ke huruf L, maka mesin akan berada di rasio gigi paling rendah yakni gigi 1. Beberapa mobil matik keluaran lama, sistemnya otomatis mengunci saat mobil berada pada gigi 1.

Namun tidak dengan mobil modern yang giginya akan berganti secara otomatis pada rentang RPM tertentu untuk mencegah kerusakan dan tekanan pada mesin dan transmisi mobil.

Transmisi L biasanya digunakan saat kita melintasi jalanan menanjak atau menurun yang membutuhkan kecepatan stabil. Saat mobil berada di transmisi pada jalanan menanjak maka mobil memiliki tenaga lebih.

Angka 2 pada tuas transmisi mobil matik berarti mesin hanya bisa berpindah hingga gigi 2 saja. Mobil bakal mengoptimalkan RPM masing-masing gigi (hanya sampai gigi 2) untuk mendapatkan tarikan lebih dari mesin. Tetapi di beberapa mobil ada angka 2 berarti mesin akan mengunci pada gigi 2 saja dan hanya akan bergerak saat RPM mencapai angka tertentu.

Transmisi 2 ini bisa digunakan saat mobil melintas di jalan tanjakan yang cukup curam untuk mendapatkan torsi besar. Selain jalan tanjakan, transmisi 2 ini juga bisa diaktifkan saat lewat jalanan menurun yang melibatkan engine brake.

Tapi perlu dicatat, transmisi ini juga bisa mempengaruhi efisiensi bahan bakar mobil karena kita bakal menggunakan gas lebih banyak saat RPM tinggi.

Tidak berbeda jauh dengan transmisi L ataupun 2, transmisi D3 atau 3 artinya mobil hanya akan menggunakan rasio hingga gigi ketiga saja. Bahkan ada beberapa mobil yang kalau tuas transmisi dipindahkan ke angka 3, akan terkunci di gigi 3 saja. Gigi akan otomatis berganti saat mencapai RPM tertentu dalam rasio tiga gigi pertama saja.

Saat memindahkan gigi ke transmisi 3 artinya kecepatan mobil juga terbatas, hanya sampai gigi 3 saja. Transmisi 3 ini cukup berguna saat membantu menarik kendaraan lain karena harus mengendalikan kecepatan. Transmisi 3 ini juga bisa digunakan saat hujan deras karena harus memperlambat kendaraan. (dry/ddn)

Source: Detik Oto

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.