8 Kebiasaan Sederhana yang Buat Keuangan Terus Stabil

8 Kebiasaan Sederhana yang Buat Keuangan Terus Stabil

853
0
SHARE

Saya, Anda, bahkan semua orang berharap agar keuangan tetap stabil sampai kapan pun. Tidak ada satu orang pun yang ingin terperangkap dalam kondisi keuangan yang buruk, apalagi kalau sampai berutang ke sana-ke sini.

Menjaga kondisi keuangan menjadi kunci utama untuk mewujudkan keuangan yang stabil. Hal ini bisa dimulai dari kebiasaan-kebiasaan sederhana yang akhirnya dapat memberikan manfaat yang besar terkait dengan kondisi keuangan.

Berikut ini 8 kebiasaan sederhana yang bisa Anda lakukan agar keuangan tetap stabil.

1. Buat Anggaran Belanja
Anggaran belanja sangat ampuh untuk mewujudkan rencana keuangan yang stabil. Dengan anggaran, Anda dapat memprediksi ke mana dan untuk apa uang tersebut dipergunakan.

Anggaran juga akan membuat Anda lebih cermat saat berbelanja sehingga Anda lebih fokus untuk belanja barang-barang yang tercatat dalam anggaran saja.

2. Pertimbangkan Manfaat Sebelum Membeli
Belanja tanpa mempertimbangkan manfaat dari barang yang akan dibeli menjadi salah satu penyebab tidak stabilnya kondisi keuangan seseorang.

Hal ini secara tidak langsung akan mendorong keinginan untuk terus berbelanja. Alhasil, apa yang dibeli tidak lagi sesuai dengan anggaran dan daftar kebutuhan.

Sesampainya di supermarket, coba lebih teliti dan bandingkan beberapa produk yang ingin Anda beli. Pertimbangkan manfaat antara produk yang satu dan produk yang lain. Pilihlah produk yang sesuai dengan manfaat yang Anda cari agar uang yang dikeluarkan nantinya tidak sia-sia.

3. Mengurangi Kebiasaan Konsumtif
Godaan untuk hidup konsumtif akan terus muncul sehingga berakibat pada pemborosan. Mengikuti hasrat dan kata hati memang perlu, tapi tidak saat Anda berbelanja karena hal ini akan membuat seluruh isi dompet terkuras dengan cepat.

Gunakan anggaran belanja yang telah Anda buat untuk memprioritaskan daftar barang yang ingin dibeli. Barang-barang yang tidak tercantum dalam anggaran sebaiknya tidak perlu dipikirkan.

Agar tidak tergoda untuk membeli ini dan itu, tetapkan limit waktu saat berbelanja. Kalau perlu, buat langkah kaki yang cepat sehingga diri Anda tidak perlu berlama-lama berada di pusat perbelanjaan.

4. Memantau Pemakaian Kartu Kredit
Banyak orang kini menggunakan kartu kredit untuk mendapatkan kemudahan saat berbelanja. Namun, kemudahan “gesek sana-sini” sering kali membuat Anda boros dan kurang memikirkan manfaat dari barang-barang yang dibeli. Alhasil, tagihan kartu kredit pun menumpuk, Anda pun kesulitan saat melunasinya.

Agar keuangan tetap stabil seperti yang Anda harapkan, pantaulah pemakaian kartu kredit secara berkala. Pergilah ke bank penerbit kartu kredit dan lakukan scanning untuk mengetahui semua transaksi yang telah dilakukan sebelumnya.

Selain menjaga kondisi keuangan, cara ini juga sangat bagus untuk menghindari adanya penyalahgunaan kartu kredit oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

5. Membawa Uang Pas Saat Berbelanja
Sadar atau tidak, kita sangat enggan untuk membawa jumlah uang pas-pasan saat berbelanja. Hal ini sangat wajar mengingat pentingnya membawa uang lebih karena tidak ada yang tahu kejadian apa yang akan terjadi selama berbelanja.

Masuk akal memang, tapi tindakan ini malah membuat kita lebih konsumtif saat berbelanja.

Alangkah baiknya jika membawa uang pas saat berbelanja dijadikan sebagai kebiasaan agar kondisi keuangan tetap stabil. Anda boleh membawa uang lebih, tapi tidak dalam jumlah yang banyak agar pengeluaran terkontrol dengan baik.

6. Menabung
Kondisi finansial yang sehat dapat diwujudkan dengan menabung. Memang jumlah penghasilan yang Anda peroleh tiap bulan tidak seberapa jika dibandingkan dengan pekerja lain.

Namun, Anda bisa menyiasatinya dengan mengurangi jumlah pengeluaran setiap bulan. Misalnya, mengurangi pemakaian listrik dan air. Atau mengurangi kebiasaan ngopi bersama teman. Sangat mudah, bukan?

7. Berinvestasi
Investasi merupakan proses perencanaan keuangan di masa depan. Kalau mendambakan hidup bahagia dalam arti “tidak kesulitan dalam hal finansial”, Anda dapat berinvestasi.

Banyak pilihan investasi yang ditawarkan. Pilih jenis investasi yang tepat sesuai dengan kebutuhan agar manfaat yang Anda dapatkan jauh lebih maksimal.

8. Menerapkan Pola Hidup Sehat
Kita tahu kalau kesehatan sangat mahal harganya. Agar terhindar dari risiko penyakit yang menguras tabungan atau investasi, terapkan pola hidup sehat mulai dari sekarang.

Manfaatkan waktu yang Anda miliki untuk berolahraga. Selain itu, konsumsi makanan bergizi agar bibit penyakit pun enggan masuk ke dalam tubuh Anda.

Latih dan Biasakan Diri
Menjaga kondisi keuangan tetap stabil tidak mudah dan tidak juga susah. Semuanya tergantung dari pribadi masing-masing.

Kalau Anda sudah terlatih dan terbiasa untuk hidup hemat dan sederhana, stabilitas keuangan pun otomatis akan terwujud. Kalau Anda belum terbiasa, ikuti langkah di atas agar kondisi keuangan tetap stabil.

Source: Kompas Ekonomi

LEAVE A REPLY