Ini Alasan Kursi Pesawat Terbang Rata-Rata Berwarna Biru

Ini Alasan Kursi Pesawat Terbang Rata-Rata Berwarna Biru

251
0
SHARE

Pernah tidak Anda bertanya-tanya kenapa rata-rata kursi pesawat terbang berwarna biru? Tidak sekedar hiasan atau seni, ada alasan di balik pemilihan warna biru untuk kursi pesawat. Mau tahu alasannya?

Kursi pesawat berwarna biru mulai digunakan sejak beberapa dekade lalu. Menurut para ilmuwan Inggris, seperti dilansir Brightside, kebanyakan orang mangasosiasikan warna biru dengan keandalan dan keamanan, yang tentunya sangat penting bagi para penumpang, terutama yang menderita aerophobia, perasaan takut berlebihan saat terbang.

Selain itu, ada alasan lain kenapa pihak maskapai lebih memilih kursi berwarna biru. Alasannya karena kotoran, noda dan goresan kurang terlihat pada warna ini. Oleh sebab itu, kursi berwarna biru dinilai bisa digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama.

Namun karena kebanyakan penumpang lebih memilih pesawat kelas ekonomi, pihak maskapai biasanya menambahkan pelapis bening agar kursi tidak mudah usang.

Pada tahun 1970-an dan 1980-an, beberapa maskapai mencoba menggunakan kursi berwarna merah, tetapi kemudian diganti dengan warna biru karena warna merah bisa meningkatkan tingkat agresi di antara penumpang.

Sementara untuk bahannya, kursi yang dipakai pesawat jarak jauh biasanya dilapisi kain sehingga penumpang tidak akan berkeringat atau merasa tidak nyaman. Sementara untuk jarak pendek, biasanya kursi pesawat dilapisi kulit buatan karena tahan lama.

Itulah alasan kenapa rata-rata kursi pesawat berwarna biru. Tujuanya yaitu untuk membuat penumpang merasa nyaman dan aman selama penerbangan.

Source: Wow Menariknya

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.