BI Siap Luncurkan Gerbang Pembayaran Nasional

BI Siap Luncurkan Gerbang Pembayaran Nasional

53
0
SHARE

BERSISTEM INTERKONEKSI DAN INTEROPERABILITAS

Oleh: Harry F. Darmawan/GoDiscover

SEIRING meningkatnya transaksi non-tunai yang dilakukan oleh masyarakat, Bank Indonesia terus berkomitmen untuk menyempurnakan sistem yang memfasilitasinya. Terbaru, BI akan meluncurkan Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) pada Minggu, 29 Juli mendatang di area parkir Balikpapan Super Block.

Kepala Tim Advisory dan Pengembangan Ekonomi Kantor Perwakilan BI Balikpapan Thomy Andryas memaparkan dalam Jumpa Pers, Rabu (25/7) siang, GPN merupakan sistem yang mengintegrasikan berbagai kanal pembayaran untuk memfasilitasi transaksi elektronik di Indonesia.

“Ini dalam rangka mewujudkan sistem pembayaran nasional yang interkoneksi (saling terhubung) antar switching dan interoperabilitas atau saling dapat dioperasikan,” sambungnya.

Dengan hadirnya GPN, kita nantinya akan diperkenalkan dengan kartu ATM atau debet dengan logo nasional GPN yang digunakan untuk transaksi dalam negeri dan dapat diterima di seluruh terminal pembayaran merchant/pedagang dalam negeri.

Lebih lanjut Thomy menjelaskan, tahap awal, kartu ATM berlogo GPN hanya bisa digunakan untuk transaksi debit. Baik di mesin ATM maupun merchant yang menyediakan mesin EDC.

Di Balikpapan, tercatat ada 37 bank yang akan melayani penukaran kartu berlogo GPN, baik bank yang tergabung dalam himpunan bank milik negara (Himbara), bank daerah tidak terkecuali bank asing.

Selanjutnya, disiapkan pula mesin ATM berlogo GPN untuk memudahkan transaksi. Termasuk merchant yang menyediakan mesin EDC berlogo GPN. Dengan penggunaan logo tersebut, kartu ATM/Debet dimaksud dapat diterima dan digunakan secara lebih luas tanpa mengesampingkan keberadaan instrumen pembayaran berlogo internasional.

“Seluruhnya bertahap tapi di Balikpapan sudah ada beberapa merchant yang berlogo GPN,” tutupnya.[*]

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.