Rilis Gerbang Pembayaran Nasional, BI Gelar Balikpapan Digifest

Rilis Gerbang Pembayaran Nasional, BI Gelar Balikpapan Digifest

145
0
SHARE

ANDAL, AMAN DAN TERPERCAYA

Oleh: Harry F. Darmawan/GoDiscover

SIRINE berbunyi dan burung-burung merpati berterbangan di udara kawasan parkir Balikpapan Super Block. Itu merupakan tanda Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) telah resmi diluncurkan oleh Bank Indonesia Kantor Perwakilan Balikpapan pada Minggu (29/7) pagi.

Kampanye GPN bertajuk “Balikpapan Digifest” ini diawali oleh Fun Walk yang diikuti ribuan peserta. Setelah mencapai garis finis, para peserta kemudian diajak untuk senam zumba bersama.

START: Kepala Kantor Perwakilan BI Balikpapan Suharman Tabrani saat mengangkat bendera tanda dimulainya Fun Walk dalam Balikpapan DigiFest, Minggu (29/7) pagi.

Puncak acara pun tiba. Walikota Balikpapan Rizal Effendi bersama dengan Kepala Kantor Perwakilan BI Balikpapan Suharman Tabrani me-launching GPN dan menukarkan kartu debit lama mereka dengan kartu baru yang berlogo GPN.

Kepala Kantor Perwakilan BI Balikpapan Suharman Tabrani mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mengawali proses penukaran kartu ATM/debit berlogo GPN, sehingga migrasi pembayaran di Balikpapan semakin meningkat, juga akan mewujudkan Balikpapan Smart City sebagai smart payment.

“Balikpapan Digifest sebagai festival non-tunai pertama yang diinisiasi oleh Bank Indonesia Balikpapan menggabungkan konsep kuliner dan musik, sekaligus ajang launching dan kampanye GPN,” ungkapnya.

Kegiatan ini turut didukung oleh 21 bank yang telah mempersiapkan 2.000 kartu ATM/Debit berlogo GPN untuk masyarakat yang ingin menukarkan kartu debit lamanya pada booth yang disediakan.

Suharman menjelaskan, penukaran kartu GPN menjadi awal yang baik dalam implementasi Gerbang Pembayaran Nasional secara menyeluruh, masif dan cepat di Kota Balikpapan.

Aktivasi GPN  dapat mendukung terciptanya sistem pembayaran yang saling interkoneksi dan interoperabilitas yang akan mendorong terjadinya sharing infrastruktur dan meningkatkan utilisasi terminal ATM dan EDC.

“Sehingga alokasi biaya investasi infrastruktur dapat dialihkan kembali untuk kegiatan pembiayaan pinjaman yang pada akhirnya akan berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi,” sambungnya. “Implementasi GPN juga diharapkan dapat mengurangi kompleksitas koneksi dari yang sebelumnya bersifat bilateral antar pihak menjadi tersentralisasi di GPN,” Suharman melanjutkan.

Selain itu GPN juga akan meningkatkan perlindungan konsumen melalui pengamanan data transaksi nasabah dan meyakinkan ketersediaan serta integritas data transaksi sistem pembayaran nasional guna mendukung efektivitas transmisi kebijakan moneter, efisiensi intermediasi serta resiliensi sistem keuangan.

Ke depan, BI berharap masyarakat turut berpartisipasi dalam mendukung GPN agar sistem pembayaran dalam negeri semakin kuat dan handal dengan menukarkan kartu pada pekan penukaran yang akan digelar secara masif di berbagai lokasi publik dan menggunakan kartu debit berlogo GPN untuk bertransaksi di dalam negeri.

“Kami juga berharap Balikpapan Digifest ini dapat mengedukasi sekaligus mendorong dan menggalakkan penggunaan transaksi non-tunai di masyarakat, sehingga transaksi pembayaran akan semakin aman, andal, dan terpercaya di Kota Balikpapan,” pungkas Suharman.

GPN yang mengusung tagline “Andal, Aman dan Terpercaya” ini turut dikampanyekan oleh aksi The Dance Company di atas panggung. Band yang digawangi oleh Aryo atau Riyo (vokal), Nugie atau Embot (drum), Pongi atau Wega (bass) dan Baim atau Bebe (gitar) ini menutup rangkaian acara Balikpapan Digifest pada malam harinya. [*]

IKUT KAMPANYEKAN GPN: Tak hanya menghibur, The Dance Company juga ikut mengkampanyekan GPN saat tampil di panggung Balikpapan Digifest.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.