Mengeluarkan Air Mata Ketika Menguap? Ini Penjelasannya

Mengeluarkan Air Mata Ketika Menguap? Ini Penjelasannya

196
0
SHARE

Menguap adalah sebuah respon tubuh yang sering kita alami ketika sedang mengantuk atau baru bangun dari tidur. Belum ada penjelasan medis mengapa kita menguap, tetapi beberapa ahli percaya bahwa menguap berfungsi untuk mensuplai oksigen ke otak.

Namun pernahkah kamu menyadari ketika sedang menguap mata kita kadang mengeluarkan air mata? Padahal kita tidak dalam keadaan yang sedih atau kesakitan.

Dikutip dari Times of India, ketika menguap otot di sekitar mata akan berkontraksi, lalu membuat kelenjar air mata menjadi terjepit dan menyebabkan produksi air mata menjadi berlebih dari biasanya.

Kelenjar yang berada tepat di bawah mata tersebut menjadi penyebab air mata keluar ketika kita menguap ataupun menangis. Kelenjar ini juga bertanggung jawab untuk membuat mata tidak kering dan perih.

Jika kamu sering menguap dan mengeluarkan air mata, ada baiknya untuk beristirahat sebentar dari aktivitas yang sedang dilakukan agar kamu bisa kembali berkonsentrasi.

“Otak akan memberikan sinyal kepada tubuh untuk beistirahat sejenak melalui menguap ketika terlalu banyak informasi yang masuk ke dalam otak secara bersamaan,” ucap Matthew Campbell, Ph.D, peneliti dari Yerkes National Primate Research Center di Emory University, Amerika Serikat.

Source: Detik Health

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.