Bukan Jimat, Ini Fungsi Gantungan Plastik Berisi Air di Warteg

Bukan Jimat, Ini Fungsi Gantungan Plastik Berisi Air di Warteg

255
0
SHARE

Sekarang banyak sekali orang yang membuka usaha warung tegal atau warteg. Tak heran jika warteg mudah sekali ditemukan di berbagai sudut kota, entah itu di pinggir jalan, dekat sekolah atau kampus dan juga dekat perkantoran. Selain memiliki harga yang standar, rasa makanannya juga tak kalah enak dengan restoran-restoran mewah.

Buat yang sering beli makan di warteg, mungkin kalian pernah menemukan ada gantungan plastik berisi air yang sengaja dipajang di sudut-sudut warung. Jika pernah, tahu tidak apa fungsi gantungan plastik berisi air tersebut?

Kebanyakan orang awam menduga kalau gantungan plastik itu merupakan jimat yang digunakan si penjual agar dagangan di wartegnya laku keras. Namun faktanya bukan begitu, ada maksud dan tujuan lain yang lebih logis kenapa selalu ada plastik berisi air yang digantungkan di dalam warteg.

Menurut informasi yang dihimpun dari situs Sains.me, gantungan plastik berisi air di warteg tidak ada kaitannya sama sekali dengan jimat atau hal-hal mistis, melainkan berfungsi untuk mengusir lalat agar tidak berkeliaran di dalam warteg.

Begini penjelasannya! Lalat memiliki mata majemuk yang berada di kepalanya dan juga memiliki tiga mata yang terletak di antara dua mata majemuknya.

Serangga ini memiliki sepasang mata besar yang kompleks. Setiap mata kompleks tersebut terdiri dari 3.000 sampai 6.000 mata sederhana. Dengan mata sebanyak ini, lalat memiliki kemampuan penglihatan ke berbagai arah, termasuk bagian belakangnya.

Karena mata majemuknya ini, lalat memiliki tingkat sensorik yang sangat tinggi. Oleh sebab itu lalat sulit sekali untuk dipukul karena memiliki kemampuan manuver dan reflek yang sangat tinggi.

Di tambah lagi tiga mata tambahan sederhana yang terletak di antara dua mata majemuk. Tiga mata tambahan itu disebut ocelli yang memiliki fungsi seperti kompas. Dengan ocelli, lalat dapat mengetahui arah pandangannya. Ocelli akan bekerja semakin baik bila diterangi sinar matahari.

Nah, gantungan plastik berisi air ini nantinya akan membiaskan cahaya. Cahaya yang melewati air akan dibiaskan ke berbagai penjuru dan membuat bayangan bergeser dari objek sebenarnya. Dengan begitu, cahaya yang ditangkap lalat akan menjadi sebuah ilusi sehingga membuat mereka kebingungan.

Ilusi optik yang dihasilkan pembiasan cahaya inilah yang diharapkan dapat mengusir lalat agar tidak berkeliaran di dalam warteg dan mengganggu para pelanggan.

Begitulah penjelasan kenapa kebanyakan warteg menggantungkan plastik berisi air. Tujuannya bukan sebagai jimat agar dagangan laku, tapi untuk mengusir lalat. Kalau soal laku atau tidak mah, itu kan sudah diatur oleh Tuhan.

Source: Wow Menariknya

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.