Akseleran Permudah Pembiayaan UKM dan Berinvestasi di Balikpapan

Akseleran Permudah Pembiayaan UKM dan Berinvestasi di Balikpapan

98
0
SHARE

Oleh: Andi Ravsanjani/godiscover

PT Akseleran Keuangan Inklusif Indonesia (Akseleran) semakin memperluas penetrasinya dalam memberikan kemudahan akses keuangan kepada masyarakat dan pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Kota Balikpapan. Tercatat, selama satu tahun terakhir, Akseleran telah menyalurkan total pembiayaan sebesar Rp150 miliar kepada lebih dari 300 pinjaman (borrower) dengan jumlah pemberi pinjaman (lender) sebanyak 66 ribu.

CHRISTOPHER GULTOM : Chieuf Credit Officer & Co-Dounder

Christopher Gultom, Chief Credit Officer & Co-Founder Akseleran, mengatakan bahwa Balikpapan termasuk kota dengan jumlah pembiayaan dan investasi terbesar dibandingkan kota lainnya di Pulau Kalimantan. Menurutnya, sampai sekarang terus berlangsung hingga secara kumulatif jumlah pembiayaan yang disalurkan kepada pelaku usaha di Balikpapan mencapai sekitar Rp5 miliar dengan nilai investasi lebih dari sebesar Rp700 juta.

“Balikpapan mendominasi dibandingkan kota lainnya khususnya di Kalimantan Timur. Secara keseluruhan jika di Kalimantan, setelah Kalimantan Timur maka untuk investor dimana nominal dana yang masuk terbesar berikutnya adalah Kalimantan Utara Rp154 juta, Kalimantan Barat Rp96 juta, Kalimantan Tengah Rp50 juta, dan Kalimantan Selatan Rp45 juta,” ujar Christo di Balikpapan, Rabu (31/10).

RIMBA LAUT : Head of Public & Government Relation

Rimba Laut, Head of Public & Government Relation Akseleran, menjelaskan tingginya jumlah pembiayaan dan investasi di Balikpapan dipengaruhi oleh tingkat pemahaman masyarakat setempat terhadap layanan Peer to Peer Lending (P2P Lending) seperti Akseleran yang lebih baik. Dia pun mengungkapkan, kehadiran Akseleran yang sudah resmi terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Balikpapan akan semakin mendorong geliat pertumbuhan UKM dan juga meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berinvestasi yang aman, mudah, dan menguntungkan.

“Khusus untuk masyarakat di Balikpapan yang baru pertama kali berinvestasi di Akseleran, bisa mengunduh aplikasi Akseleran baik dari Play Store untuk perangkat Android atau dari App Store untuk perangkat iOS. Tidak sampai lima menit membuat akun Akseleran dengan mengisi data kelengkapan diri dan masukkan kode referal BALIKPAPAN akan otomatis mendapatkan saldo gratis investasi sebesar Rp100 ribu dengan rata-rata imbal hasil sebesar 18%-21% per tahun.

Saldo tersebut harus diinvestasikan dulu ke pinjaman yang ada di platform Akseleran, sangat mudah karena investasi di Akseleran mulai dari Rp100 ribu,” jelas Rimba.

Hingga akhir tahun 2018, Rimba mengungkapkan, Akseleran menargetkan total pembiayaan sebesar Rp200 miliar dengan rata-rata pertumbuhan tiap bulannya saat ini mencapai 10%-20%. Target tersebut, tegasnya, optimistis dicapai seiring dengan semakin mudahnya masyarakat dan para pelaku UKM mengakses Akseleran yang tidak hanya melalui website www.akseleran.com melainkan juga dari aplikasi di Play Store atau di App Store.

“Animo masyarakat semakin tinggi dan kami bersyukur bahwa keberadaan Akseleran di Balikpapan mendapat penerimaan yang baik juga di kota-kota lainnya di seluruh Indonesia. Kami berharap, pertumbuhan ini terus berlangsung dan target di akhir 2019 Akseleran dapat menembus total pembiayaan secara nasional sebesar Rp1 triliun,” ungkap Rimba.

R. ALEXANDER J. SYAUTA : Chief Financial Officer

Di sisi lain, selama ini Akseleran telah mendapatkan kepercayaan dari pelaku usaha di Balikpapan, salah satunya adalah PT Transkon Jaya. “Awalnya kami berkenalan dengan Akseleran pada April 2018 dan kami sangat mengapresiasi karena Akseleran sudah bisa berpenetrasi ke luar Pulau Jawa, yakni Balikpapan. Pertama kali, PT Transkon Jaya memperoleh pembiayaan dari Akseleran sebesar Rp200 juta dan sampai sekarang terus berlangsung hingga secara kumulatif pinjaman sudah mencapai sekitar Rp5 miliar,” kata R. Alexander J. Syauta, Chief Financial Officer PT Transkon Jaya.

Alexander mengungkapkan, selain kemudahan akses yang diberikan oleh Akseleran juga persyaratan dokumen dan prosesnya yang tidak ribet. “Kami sempat mengalami kendala pembiayaan sebelumnya dan tertarik melirik layanan teknologi keuangan (financial technology/fintech) dan ternyata Akseleran mampu memberikan solusi pembiayaan yang cepat, mudah, dan aman yang tidak kami peroleh dari layanan keuangan lainnya selama ini,” tambah Alexander.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.