Hadir di Kaltim, Sanindo Utama Traktor Prioritaskan Serap SDM Lokal

Hadir di Kaltim, Sanindo Utama Traktor Prioritaskan Serap SDM Lokal

127
0
SHARE

USUNG MISI GAIRAHKAN PRODUKSI KALTIM

Oleh: Harry F. Darmawan/GoDiscover

SETELAH sukses menjadi mitra para penambang di Kalsel, PT. Sanindo Utama Traktor kini menjajaki peluang baru di Kaltim. Geliat industri pertambangan Kaltim yang terus tinggi menjadi salah satu faktor ketertarikan mereka untuk menghadirkan kantor cabang baru di provinsi ini.

Dengan pertimbangan matang dan peluang-peluang yang bisa diraih, Samarinda akhirnya yang dipilih sebagai base operasional PT. Sanindo Utama Traktor Kaltim Branch. Tepatnya di Jl. Poros Samarinda-Bontang Gang Makassar RT. 11 Sei Siring, Samarinda.

Peresmian kantor cabang Sanindo terbaru ini pun digelar pada Kamis (1/11/2018) siang di area Perum Putri Juita, Samarinda.

Branch Manager PT. Sanindo Utama Traktor Yoswandi Lelo dalam sambutannya menyebut, kantor cabang Sanindo di Samarinda ini merupakan kantor cabang ke dua di pulau Kalimantan.

Hadirnya PT. Sanindo Utama Traktor Kaltim Branch ini bukan sekedar main-main. Yos mengaku, banyak harapan, misi dan target yang dibawa manajemen dalam langkah mereka ke Kaltim.

Misi utama Sanindo Kaltim yakni meningkatkan produktivitas industri pertambangan Kaltim lewat support Sanindo kepada para pelaku pertambangan sebagai distributor dump truck Sany SKT-90C.

ANDALAN: Dump truck SKT 90-C berkapasitas sampai 28 ton ini merupakan produk unggulan PT. Sanindo Utama Traktor di Kaltim.

“Kami sudah siapkan pelayanan after sales, seperti spare part dan mekanik pada konsumen kami. Jadi kami tidak ragu untuk menjadi mitra yang sangat baik bagi para konsumen,” tegas Yos, sapaan akrab Yoswandi Lelo.

“Kami berorientasi menjadi mitra yang dapat diandalkan dan dipercaya khusus di bidang pertambangan,” sambungnya.

Dengan membuka kantor baru, otomatis Sanindo membutuhkan tenaga kerja baru dalam jumlah banyak. Yos mengungkapkan, pihaknya telah melihat potensi tenaga kerja Kaltim dan merasa mereka layak mendapat kesempatan kerja seluas-luasnya.

Oleh karena itu, Sanindo Kaltim memprioritaskan SDM lokal sebagai target serapan tenaga kerja mereka sebagai karyawan.

Yos berujar, CV. Puspa Juita merupakan salah satu influence mereka dalam penyerapan tenaga kerja lokal. CV. Puspa Juita sendiri telah merekrut sekira 600 orang tenaga kerja asal Samarinda untuk bergabung.

“Kami ingin, bukan hanya kami yang menaruh prioritas pada putra-putri Kaltim sebagai target serapan tenaga kerja, tapi juga kepada perusahaan lainnya,” tuturnya.

Yos menyadari, dalam perjalanannya ke depan, akan ada tantangan yang mereka hadapi. Tantangan itu berupa bagaimana cara pihaknya dalam mengintroduksi kapabilitas dan kapasitas produk mereka, serta support yang diberikan Sanindo Kaltim, terutama pengadaan suku cadang.

Pada kesempatan itu, ia pun memperkenalkan produk andalannya, yakni dump truck Sany SKT 90-C, dengan bentuk mirip seperti Hino, namun pada bagian kepala menyerupai dump truck Mercedes Benz.

“(dump truck) Ini sangat enerjik di area hauling, kita sama-sama tahu bagaimana kualitas engine-nya karena ini bukan produk baru,” terangnya.

Meski begitu, pada bagian chassis, Yos menyebut, masih perlu sedikit modifikasi. Dirinya mengharapkan adanya saran dan kritik yang membangun tentang bagaimana pihaknya dapat berkolaborasi dan berintegrasi agar perubahan-perubahan pada unit tersebut sesuai dengan kebutuhan dan keinganan para konsumen.

“Kami juga terbuka pada saran dan kritik untuk manajemen kami agar bisa terus melangkah maju, karena prinsip kami, sekali melangkah, pantang mundur,” sebutnya.

Usai memberi sambutan, rangkaian acara dilanjutkan dengan pengalungan rangkaian bunga kepada Mr Phil dari Sany China, Owner Sanindo Fadli Usman, Owner PT. Padang Jaya Utama Niko, Owner CV. Puspa Juita H. Suharso, dan Direksi PT. Beringin Inti Bara (BIB) Habib Salim Aljufri sebagai pembeli perdana SKT90-C dari Sanindo Kaltim.

Sesi berikutnya ada pemotongan pita sebagai simbol resmi beroperasinya PT. Sanindo Utama Traktor Kaltim Branch oleh Fadli Usman dan pemotongan nasi tumpeng oleh Yoswandi Lelo.

RESMI BEROPERASI: Branch Manager PT. Sanindo Utama Traktor Kaltim Yoswandi Lelo (kiri) saat mengalungkan rangkaian bunga ke perwakilan Sany China Mr. Phil.

“Kepada tamu undangan yang hadir, mari sama-sama kita menciptakan kesempatan untuk sama-sama maju dan menjaga hubungan baik ini ke depan,” harap Yos di akhir acara. [*]

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.