Cara Melihat dan Menghapus Data Lokasi Foto Diambil

Cara Melihat dan Menghapus Data Lokasi Foto Diambil

92
0
SHARE

Saat memotret dengan kamera digital atau smartphone, kamera tidak hanya sekadar menangkap obyek saja. Informasi lain seperti lokasi foto diambil, jenis kamera yang dipakai, dan setting kamera akan terkumpul menjadi sebuah metadata bernama Exchangeable Image File format (EXIF).

Metadata itu melekat pada file dengan format “raw” atau “jpg” pada perangkat kamera, baik DSLR, kamera saku, smartphone atau lainnya. Terkadang, nama si pemilik kamera juga bisa tercantum di dalam metadata perangkat selama setting data pemilik diaktifkan.

Hal ini bertujuan untuk membuktikan orisinilitas karya. Meski beberapa pihak menyebut jika data exif bisa diutak-atik. Data exif bisa dilihat namun juga bisa dihilangkan dengan cara yang mudah.

KompasTekno telah merangkum dari Uber Gizmo, Kamis (1/11/2018), tentang cara melihat dan menyembunyikan data exif pada foto.

Via Windows dan Mac

Cara melihat data exif di desktop Windows sangat mudah. Petama, pindah foto dari ponsel ke desktop. Setelah gambar terbuka, klik kanan pada gambar dan pilih opsi “properties” atau “info file”.

Nantinya akan terbuka metadata yang mencakup informasi foto, mulai dari nama file, ukuran gambar, dan koordinat GPS.

Pengecekan data exif juga bisa dilakukan di desktop Mac. Caranya hampir sama, setelah file foto dibuka, klik kanan, lalu pilih “Get Info”. Metadata akan ditampilkan.

Jika Anda tidak ingin menampilkan koordinat GPS dalam data exif, pilih opsi “Remove Properties and Personal Information”, kemudian pilih informasi yang ingin ditampilkan pada foto dan apa saja yang ingin disembunyikan.

Menon-aktifkan pelacakan lokasi di kamera Android dan iOS

Tidak hanya bisa diatur ketika foto sudah diambil saja, pengguna juga bisa menyembunyikan lokasi pelacakan di smartphone Android maupun iOS.

Di ponsel Android, buka menu “setting”, lalu pilih sub-menu Permissions (izin aplikasi), biasanya ada di menu “aplikasi dan notifikasi” atau “manajer aplikasi”.

Kemudian pilih Location dan gulir hingga menemukan aplikasi “Kamera”, lantas geser tombol ke arah kiri untuk menon-aktifkan.

Untuk iOS, buka “Settings” lalu pilih “Privacy”. Lantas, ketuk opsi “Location Services”. Kemudian buka kamera, pilih “Never” untuk opsi “Allow Location Access”.

Cara mengecek koordinat GPS di Google Maps

Titik koordinat GPS dari data exif bisa dilacak melalui Google Maps. Caranya seperti mencari sebuah lokasi di Google Maps, yakni menuliskan titik koordinat di kolom pencarian.

Google memiliki rincian yang tepat untk menelusuri koordinat. Namun, perlu diingat jika metadata yang melekat di data exif foto bisa jadi tidak akurat.

Source : Tekno Kompas

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.