DISCOVER JUARA DRONE NASIONAL

DISCOVER JUARA DRONE NASIONAL

133
0
SHARE

Bersama Kampanyekan Pariwisata Balikpapan

Oleh: Harry F. Darmawan/GoDiscover

KONSISTENSI Discover Borneo (DB) dalam mewartakan beragam informasi pariwisata dan perkembangan di Balikpapan sejak 2012 lalu, melahirkan cukup banyak karya. Melalui beragam media seperti Majalah Discover Balikpapan, Buku-buku edisi khusus, Website, Social Media dan Video, karya-karya Discover masih terus dinikmati dan dimanfaatkan khalayak yang ingin mengetahui perkembangan maupun sejarah Balikpapan hingga kini.

Tim Discover saat dipercaya mengerjakan video Asian Games 2018 TNI-Polri

Discover sebagai perusahaan jasa kreatif di Balikpapan juga kerap ambil bagian dalam event pariwisata dan kegiatan kreatif lainnya, baik partisipasi maupun kompetisi.
Yang terbaru adalah kegiatan Jambore Drone Nasional di Balikpapan pada 20-21 Oktober. Ratusan peserta dari komunitas Balikpapan Drone Squad dan personal dari berbagai daerah mengikuti kegiatan yang yang dimentori Yulianus Landung, Fotografer Senior. Ada beragam aktivitas seperti workshop dan sharing/klinik drone, drone racing, dan hunting di spot-spot pariwisata unggulan yang hasil karyanya kemudian dinilai dan dilombakan.

Acara inti memang berlangsung hanya 2 hari. Namun sebenarnya kegiatan masih berlanjut. Semua peserta diberi waktu sampai tanggal 30 Oktober untuk mengolah bahan yang mereka kumpulkan menjadi sebuah video yang akan dilombakan.

Baca Berita Sebelumnya: Dua Hari Eksplorasi Spot Pariwisata Unggulan dengan Drone

DUKUNGAN KREATIVITAS: Andi Ravsanjani bersama Wawali Balikpapan Rahmad Mas’ud, dalam satu kesempatan kerjasama pembuatan video kreatif. (Foto kanan: Andi memiloti drone di salah satu project Discover mengeksplorasi Hutan Lindung Sungai Wain)

Adalah Andi Ravsanjani, tim kreatif dari Discover yang menjadi salah satu peserta di event Jambore Drone Nasional itu. Setelah seminggu lebih penilaian, Jumat (9/11) siang kemarin, diketahui bahwa video olahan Andi berhasil meraih Juara 1 lewat karyanya yang berjudul “PARADISE IN BALIKPAPAN”.

Video Andi yang berdurasi 2 menit 55 detik itu mengungguli dua peserta terbaik lainnya, yakni Muhammad Mudzfar (Juara II, dengan judul EXPLORE BALIKPAPAN) dan Mahendrayana Setiawan Triatmaja (Juara III, dengan judul VISIT BALIKPAPAN).

Video LINK :
Juara 1 : Paradise In Balikpapan
Juara 2 : Explore Balikpapan
Juara 3 : Visit Balikpapan

“Penentuan video terbaik dinilai tim dewan juri. Selain dari penilaian teknis videografi dan editing (transisi, color grading, dll), juga terutama karena memenuhi semua unsur yang dibutuhkan dalam informasi pariwisata,” jelas Yulianus Landung, Ketua Dewan Juri, diamini tim dari Balikpapan Drone Squad yang ikut memotori acara ini.

AMUNISI SEMANGAT BARU
Bagi Discover, terpilihnya karya Andi sebagai juara ini bukanlah pertama dan terakhir.
Beberapa kali dalam kompetisi nasional, Discover pernah memenangkan lomba-lomba video kreatif. Andi juga ambil bagian dalam tim tersebut.

“Kalau doktrin kami dalam proses kerja di Discover, belajar dan berkarya. Orientasinya yang utama bukan mengejar juara, tapi bagaimana berupaya menghasilkan yang terbaik. Bahwa kemudian keluar sebagai juara, ya, Alhamdulillah,” kata Andi.

Bagi Andi, memperoleh predikat juara bukan hanya sebuah kebanggaan, tapi juga pengalaman sekaligus “beban” karena artinya harus bisa menghasilkan karya lebih baik dari sebelumnya. Sebagai peserta, Andi sempat merasa tidak Pede karena melihat karya-karya karya video yang masuk bagus-bagus.

“Dari peralatan, kemampuan, jam terbang, saya melihat rekan-rekan peserta jauh lebih hebat. Saya banyak belajar dari mereka dan dari kegiatan ini. Keluar sebagai juara bukan berarti yang terhebat, itu juga bagian dari proses belajar kami, amunisi semangat baru kami,” sebut pria 22 tahun ini.

Tak lupa, ia mengungkapkan terima kasih kepada dewan juri, panitia, dan seluruh peserta Balikpapan Jambore Drone Nasional 2018 atas kesempatan dan pertemanan yang terjalin.

“Semoga acara ini bukan yang terakhir, agar pariwisata Balikpapan bisa semakin dikenal, dan imbasnya memajukan perekonomian Balikpapan di kemudian hari,” tutup Andi. [*]

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.