Tips Fotografi: Memotret Model Bermodal Kamera Ponsel

Tips Fotografi: Memotret Model Bermodal Kamera Ponsel

92
0
SHARE

Memotret model, seperti untuk sampul majalah, tak lagi membutuhkan kamera profesional seiring dengan perkembangan mobile photography. Ini tips fotografi memotret model dengan kamera ponsel.

Pada 2017 lalu, majalah Time sempat menggunakan ponsel untuk memotret model yang menghiasi sampul majalahnya. Pada waktu itu, iPhone jadi perangkat yang digunakan.

Walau begitu, mobile photography tak melulu soal ponsel keluaran Apple tersebut. Saat ini sudah banyak smartphone yang mendukung kegiatan tersebut dengan kamera ponsel.

Terlepas dari apa perangkatnya, teknik memotret tentu memegang peranan penting. Hal tersebut disampaikan oleh Mashuri Hardhy Putra.

Dalam acara workshop yang diselenggarakan Xiaomi, kreator konten yang akrab disapa Ulie itu berbagi tips fotografi dalam memotret model menggunakan smartphone alias mobile photography. Salah satunya adalah pencahayaan.

“Di sini kita bisa menggunakan reflektor untuk ngasih filler supaya lebih enchance warnanya,” ujarnya di Jakarta, Rabu (21/11/2018).

Sesuai namanya, reflektor berguna untuk memantulkan cahaya. Saat ditempatkan di depan model, dengan arahnya sedikit serong ke bawah, reflektor bisa membuat warna dari wajah model menjadi lebih nyala.

Foto: Muhamad Imron Rosyadi/detikINET

Satu catatan, reflektor tidak terbatas pada wujud aslinya yang biasanya berwarna perak dan berbentuk bulat. Barang-barang seperti bagian belakang banner yang berwarna putih bisa diterapkan sebagai pemantul cahaya.

Angle juga harus diperhatikan dalam memotret model. Pastikan orang yang difoto menjadi pusat pandangan. “Selain itu, setiap orang punya sudut terbaiknya masing-masing ketika difoto.”

Pada acara workshop ini, pihak Xiaomi memberikan salah satu ponsel anyarnya yaitu Redmi Note 6 Pro sebagai media untuk mengambil gambar. Smartphone ini sendiri memiliki kamera ganda di bagian belakang dan depan, dengan kualitas masing-masing 12 MP + 5 MP dan 20 MP + 5 MP.

Source : Inet Detik

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.