Stok Blanko Terbatas, Pencetakan KTP-el Hanya Sampai Akhir Bulan

Stok Blanko Terbatas, Pencetakan KTP-el Hanya Sampai Akhir Bulan

70
0
SHARE

Oleh: Yoyok Setiyono/GoDiscover

Proses pencetakan kartu tanda penduduk KTP elektronik di Kabupaten Penajam Paser Utara, diperkirakan hanya sampai bulan Januari ini.

Pencetakan KTP-el sendiri sempat dihentikan beberapa waktu lalu, akibat kosongnya blanko. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten PPU – Suyanto mengatakan, pihaknya mendapat jatah blanko sebanyak dua ribu lembar, untuk kebutuhan pencetakan KTP elektronik.

Namun, jumlah itu hanya mampu memenuhi kebutuhan penggantian, perubahan data dan pencetakan hasil perekaman baru, di bulan Januari ini.

Ia menyebutkan, kebutuhan blanko di wilayah PPU idealnya mencapai 10 ribu per tahun. Sedangkan, sisa jumlah KTP elektronik yang belum dicetak, tetapi sudah melakukan perekaman sebanyak tiga ribu keping.

Dirinya menjelaskan, ketersediaan blanko sendiri saat ini ada di Kementerian Dalam Negeri. Untuk melakukan pengambilan blanko tersebut, ia mengakui terkendala minimnya anggaran.

Terlebih, dalam setiap pengambilan blanko, hanya dibatasi sebanyak dua ribu lembar.

Dengan keterbatasan stok blanko tersebut, maka proses pencetakan KTP-el hanya sampai akhir bulan ini. Ia berharap, kebutuhan blanko diakomodir oleh pihak provinsi. [*]

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.