KPU PPU Targetkan Pelipatan Surat Suara Selesai Dalam Dua Pekan

KPU PPU Targetkan Pelipatan Surat Suara Selesai Dalam Dua Pekan

212
0
SHARE
Suasana pelipatan surat suara di kantor KPU kabupaten PPU

PENAJAM – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Penajam Paser Utara, mulai melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara untuk Pemilu 2019. Ditargetkan, proses pelipatan seluruh surat suara selesai dalam jangka dua pekan kedepan. 823 koli surat suara datang tiba di kantor KPU pada tengah pekan kemarin. Total surat suara pemilu serentak tahun ini mencapai 625 ribu lembar.

Ketua KPU Kabupaten PPU, Feri Mei Effendi, Senin (04/03), mengatakan proses penyortiran dan pelipatan surat suara melibatkan 50 petugas dari internal KPU, ditambah petugas pemilihan kecamatan (PPK) dan petugas pemungutan suara (PPS).

Proses pelipatan diawali dari surat suara pemilihan presiden, kemudian surat suara DPR RI hingga kabupaten. Sementara untuk surat suara DPD dengan jumlah 240 koli, masih dalam pengiriman pihak ekspedisi yang diperkirakan tiba dalam pekan ini.

“Mulai hari ini kita lakukan penyortiran dan pelipatan surat suara, kita targetkan Inshaallah dua minggu selesai. Ini yang pertama surat suara untuk presiden. Kita terjunkan 50 petugas untuk proses ini,” tutur Feri.

Dijelaskanya, mekanisme proses pelipatan surat suara yang dilakukan di ruang rapat KPU dilakukan secara ketat. Petugas pelipatan dilarang membawa sejumlah barang seperti makanan dan minuman, benda tajam hingga alat komunikasi. Selain itu, selama proses pelipatan petugas diawasi oleh pengawas dan ruangan disterilkan.

“Ya untuk menjaga surat suara agar tidak rusak, ruangan kami sterilkan. Karena kalau rusak itu butuh waktu proses penggantian. Namun jika ditemukan adanya surat suara yang rusak akan kita kirim untuk dilakukan penggantian,” ungkapnya.

Jika proses penyortiran dan pelipatan rampung, Feri menambahkan akan disimpan di gudang KPU sebelum didistribusikan ke PPK, jelang hari pencoblosan 17 April mendatang. Pengamanan logistik pemilu dipastikan 24 jam dengan penjagaan ketat pihak kepolisian. (WD)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.