6 Alasan untuk Membetulkan Posisi Tidur Mulai Malam Ini

6 Alasan untuk Membetulkan Posisi Tidur Mulai Malam Ini

149
0
SHARE

Tidur tanpa perlu diragukan adalah bentuk istirahat terbaik. Dalam kondisi lelah, posisi tidur bisa berbagai macam tanpa mempertimbangkan yang terbaik untuk kesehatan. Tak heran bila leher atau bahu terasa sakit saat bangun, yang kadang disertai sakit rahang, atau sensasi terbakar.

Dikutip dari Lifehack, tidur miring ke kiri ternyata lebih baik untuk kualitas istirahat dan kesehatan. Posisi ini dianggap baik untuk kesehatan sistem pencernaan, punggung, dan jantung dengan perbedaan posisi organ.

Kendati lebih baik, bukan berarti tidur sepanjang malam hanya boleh miring ke kiri. Bila bahu, leher, atau rahang terasa sakit sebaiknya segera merubah posisi tidur. Berikut penjelasan lebih detail keuntungan tidur miring ke kiri.

1. Meningkatkan kerja sistem limfatik

Tidur di sisi kiri memungkinkan tubuh menyaring cairan dan membuangnya melalui kelenjar getah bening. Sistem limfatik yang mengatur sirkulasi cairang getah bening lebih dominan di sisi kiri daripada kanan tubuh. Sistem limfatik terdiri dari beberapa organ yang fungsinya menunjang kekebalan tubuh.

2. Memperbaiki kerja sistem pencernaan

Sistem pencernaan kemungkinan bisa bekerja lebih baik dengan posisi tidur miring ke kiri. Posisi ini membantu hasil pengolahan makanan lebih mudah keluar dari usus halus dan masuk usus besar. Tidur miring ke kiri juga menempatkan pankreas dan organ pencernaan lain, yang lebih banyak berada di kiri, dalam posisi lebih baik sehingga bisa berfungsi maksimal.

3. Lebih baik untuk jantung

Posisi tidur miring ke kiri diklaim lebih baik untuk membantu fungsi jantung. Posisi ini melancarakan sirkulasi darah ke jantung serta mengurangi tekanannya.

4. Lebih baik bagi ibu hamil

Pada ibu hamil, tidur miring ke kiri membantu melancarkan sirkulasi darah. Posisi ini juga membantu memgurangi tekanan di punggung, menjaga rahim tidak menekan liver, dan meningkatkan aliran darah ke rahim, ginjal, serta janin.

5. Membantu mengurangi gangguan pencernaan

Riset yang dipublikasikan dalam Journal of Clinical Gastroenterology memyatakan, tidur miring ke kiri dapat mengurangi gejala asam lambung. Hal ini tak lepas dari posisi organ pencernaan yang lebih banyak di kiri daripada kanan tubuh. Jika merasakan sensasi terbakar usai makan, cobalah berbaring ke kiri selama 10 menit untuk merasakan manfaatnya.

6. Melegakan sakit punggung

Mereka yang punya sakit punggung kronis, mungkin bisa merasakan manfaat tidur miring ke kiri. Posisi ini mengurangi tekanan pada punggung, sehingga timbul sensasi yang lebih nyaman. Efek positif ini akan meningkatkan kualitas tidur.

Source : https://health.detik.com

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.