Wah, Ternyata Berhenti Merokok Bisa Turunkan Kolesterol

Wah, Ternyata Berhenti Merokok Bisa Turunkan Kolesterol

141
0
SHARE

Meskipun rokok tidak membuat kadar kolesterol langsung rendah, tapi rokok berperan dalam meningkatkan rasionya sehingga berdampak pada kesehatan. Oleh karena itu, mencoba untuk berhenti merokok merupakan salah satu upaya menurunkan kadar kolesterol.

“Merokok berkaitan erat dengan peningkatan kadar kolesterol dalam tubuh dan pada akhirnya dapat memicu berbagai penyakit kardiovaskular, penyebab kematian. Terlebih jika sang perokok sudah memiliki kadar kolesterol yang tinggi, rokok dapat menambah dan mempercepat kerusakan jantung dan pembuluh darah lebih lagi,” ujar Medical Advisor Kalbe Nutritionals, dr. Ervina Hasti W, kepada detikHealth, Senin (11/3/2019).

Rokok juga memiliki beberapa dampak lain bagi kolesterol darah, di antaranya menurunkan kadar kolesterol baik atau High-density Lipoprotein (HDL), meningkatkan kadar kolesterol jahat atau Low-density Lipoprotein (LDL), dan meningkatkan kadar trigliserida.

“Kadar trigliserida lebih tinggi ditemukan pada perokok. Ini disebabkan nikotin yang terkandung pada rokok dapat meningkatkan lipolisis (pemecahan cadangan lemak) dan asam lemak bebas yang salah satunya trigliserida. Trigliserida berfungsi sebagai sumber energi untuk proses metabolisme. Peningkatan kadar trigliserida di atas batas normal (hiperlipidemia) menjadi penyebab utama penyumbatan pembuluh darah yang dapat mengakibatkan serangan jantung dan stroke,” jelas dr. Ervina.

dr. Ervina mengungkapkan sebuah penelitian telah membuktikan bahwa dengan berhenti merokok, kadar HDL dapat kembali ke level normal. Namun selain merokok, ada beberapa faktor lain yang juga bisa membantu menurunkan kolesterol, yaitu dengan gaya hidup ‘TANGKAL’.

Selain itu, menurut dr. Ervina, perokok cenderung kurang memperhatikan pola hidup sehat, seperti diet rendah lemak dan olahraga teratur. Sehingga lebih rentan terserang hipertensi dan kolesterol tinggi.

“Teratur periksa kolesterol, awasi asupan dan pola makan, nikmati hidup tanpa alkohol dan rokok, giat berolahraga, kendalikan berat badan dan hindari stres, awasi tekanan darah, serta lengkapi dengan Nutrive Benecol 2 kali sehari,” tutur dr. Ervina.

Nutrive Benecol merupakan nutrisi untuk penderita kolesterol yang teruji klinis yang mengandung Plant Stanol Ester (PSE) sehingga dapat menurunkan kolesterol 7 sampai 10% jika dikonsumsi rutin selama 2 sampai 3 minggu

Source : https://health.detik.com

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.