Cahaya Alien’ Muncul di Langit, Ini Penjelasan NASA

Cahaya Alien’ Muncul di Langit, Ini Penjelasan NASA

125
0
SHARE
'Cahaya alien' di langit Norwegia. Foto: NASA

Penduduk di Norwegia sudah terbiasa melihat cahaya aurora yang indah. Namun pemandangan yang dijuluki ‘cahaya alien’ baru-baru ini mengejutkan mereka karena sangat berbeda.

Dikutip detikINET dari Live Science, cahaya spektakuler itu membentuk cluster berwarna ungu, biru dan kuning. Formasinya yang unik memicu spekulasi bahwa ada pesawat alien yang datang bersama cahaya tersebut.

Namun ternyata tidak demikian setelah NASA memberi penjelasan. Lembaga antariksa Amerika Serikat menyatakan mereka berada di balik cahaya aneh tersebut, yang merupakan bagian dari penerbangan roket yang mempelajari atmosfer Bumi.

Mereka meluncurkan sistem roket dari Norwegia untuk meneliti aliran angin di atmosfer Bumi bagian bawah. Cahaya meriah itu dibuat dengan bahan kimia yang berasal dari Auroral Zone Upwelling Rocket Experiment (AZURE) dan merupakan bagian dari penelitian.

AZURE adalah misi pertama dari rencana 8 misi roket dari basis di Norwegia. Misi ini akan menganalisa interaksi medan magnet Bumi dan partikel dari angkasa yang memborbardir Bumi. AZURE menuju ke ionosfer, bagian atmosfer Bumi dengan tinggi sekitar 75 sampai 1.000 kilometer.

Kebetulan saat ‘cahaya alien’ muncul, fotografer Michael Theuner merekamnya. Ia menjepret peluncuran roket berikut cahaya tersebut. Awalnya dia tak tahu asal cahaya dan mempostingnya di YouTube dengan sebutan ‘cahaya alien’ dan menghebohkan netizen. Sampai kemudian ada penjelasan dari NASA.

Bahan kimia yang digunakan adalah trimethyl aluminum (TMA) dan campuran barium/strontium yang langsung bereaksi dengan atmosfer. Bahan itu disebut tidak berbahaya bagi makhluk hidup.

Source : https://inet.detik.com

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.