Keadilan untuk Hewan Peliharaan

Keadilan untuk Hewan Peliharaan

106
0
SHARE

Oleh: Harry F. Darmawan/GoDiscover

Hewan pada dasarnya adalah makhluk hidup yang juga memiliki perasaan. Sudah banyak contoh yang bisa kita lihat di jagat maya, baik berupa foto maupun video, hewan beragam jenis menunjukkan rasa cinta kepada hewan lainnya ataupun ke manusia.

Dengan itu, seharusnya tidak ada alasan bagi kita untuk menyakiti hewan, apapun jenisnya. Bahkan semua agama saya rasa mengajarkan untuk mengasihi sesama makhluk hidup.

Seperti dalam ajaran Islam, Nabi Muhammad SAW pernah berkata: Barangsiapa menyayangi meskipun terhadap hewan sembelihan, niscaya Allah akan merahmatinya pada Hari Kiamat. (HR. Bukhari).

Kasih sayang kepada hewan ini juga akan lebih mengikat khususnya kepada hewan-hewan peliharaan. Namun, hewan peliharaan seperti anjing, kucing dan lain-lain acapkali dipandang hanya sebatas hewan biasa. Oleh karenanya, kerap ditemui berita terkait penyiksaan hewan tersebut.

Padahal hewan peliharaan semestinya merupakan salah satu makhluk hidup yang paling dekat dengan kehidupan manusia.

Sampai saat ini, marak ditemukan kasus anjing keracunan di Indonesia. Dan sampai saat ini pula, belum ada undang-undang atau regulasi apapun untuk mengungkap kasus ini. Atau paling tidak melindungi hak hidup hewan peliharaan yang dikenal sebagai hewan yang paling mudah dijinakkan tersebut.

Untuk itu, di tengah perjuangan akan keselamatan dan perlindungan hewan peliharaan — khususnya anjing — salah satu film maker muda asal Kota Balikpapan Albert Suwasa tengah menggarap sebuah film pendek berjudul “Anjing (Dog)”.

Albert meyakini, film tersebut dapat menggugah hati para penontonnya untuk lebih mencintai binatang, terlebih terhadap hewan peliharaan. Ia percaya, kekuatan film yang mengandung makna kuat dapat memantik emosi penonton untuk mengubah stigma terhadap hewan.

Film tersebut rencananya akan mulai diproduksi pada Agustus 2019 mendatang. Namun, pihak Albert Suwasa sampai saat ini masih membutuhkan bantuan sejumlah dana untuk memulai produksinya.

Untuk itu, jika Anda ingin terlibat langsung dalam mengampanyekan keadilan terhadap hewan peliharaan, Anda bisa berpartisipasi dalam penggarapan film pendek ini. Informasi seputar film dan kebutuhan anggaran bisa dilihat di: https://vee.viddsee.com/projects/5/?utm_source=Community&utm_medium=AlbertSuwasa&utm_campaign=AnjingDog.

Teaser film pendek “Anjing” yang akan diproduksi tim Albert Suwasa pada Agustus 2019 mendatang.

Sebelum film ini digarap, Anda juga bisa memulai gerakan ini dengan cara yang paling mudah, yakni dari diri Anda sendiri. Sayangi hewan di sekitar Anda. Perlakukan mereka dengan baik. Jangan mengekang kebebasannya. [*]

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.