Perhatikan, Berikut Cara Simpan Kopi agar Tetap Berkualitas

Perhatikan, Berikut Cara Simpan Kopi agar Tetap Berkualitas

62
0
SHARE

Banyak ragam faktor yang menentukan rasa kopi tetap terjaga, satu di antaranya cara penyimpanan.

Sekilas, cara penyimpanan mungkin terlihat sepele, namun justru memiliki peran penting—selain proses dari panen, roasting mau pun penyeduhan—untuk memberikan rasa kopi berkualitas.

Coffee trainer Excelso Iwan Kurniansyah mengungkapkan setidaknya ada beberapa hal yang harus diperhatikan terkait cara penyimpanan kopi.

Pertama, hindari kopi dari tempat terbuka. Jika kopi terpapar oksigen, maka berisiko mengalamai oksidasi dan mengurangi kesegaran.

“Kalau ditaruh di luar, istilahnya (kopi) akan ‘basi’ atau masuk angin,” ujar Iwan saat acara Excelso dan RedDoorz, Jakarta, Jumat (12/7/2019).

Apalagi, kian halus kopi digiling, makin menyerap oksigen. Akibatnya, jika ditaruh di ruang terbuka, maka kualitas kopi ketika diminum pun menurun. 

Kedua, kopi memiliki tingkat sensitivitas tinggi, terutama soal bau. Kopi bisa menyerap bau di sekitar, sehingga pastikan agar tidak mendekatkan kopi dengan aroma-aroma tajam.

“Pastikan tempat penyimpanan tertutup rapat, sehingga tidak masuk aroma tajam yang lain,” katanya.

Ketiga, jika ingin menyimpan di kulkas, menurut Iwan tak masalah. Hal ini bisa dilakukan selama kopi di dalam tetap kering, tidak lembap yang mengakibatkan kopi rusak.

“Simpan kopi di tempat sejuk dan dingin. Tempatkan kopi di wadah kedap udara,” katanya.

Source : https://lifestyle.kompas.com

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.