4 Kebiasaan yang Bikin Smartphone Jadi ‘Sarang’ Kuman

4 Kebiasaan yang Bikin Smartphone Jadi ‘Sarang’ Kuman

111
0
SHARE
Resmi! Paket data MKios bagi-bagi undian khusus warga Kalimantan

Hampir sepanjang hari tangan kita menggenggam smartphone. Mulai selfie-selfie cantik, berkirim pesan singkat hingga mencari meme, tanpa sadar aktivitas tersebut mentransfer lebih banyak lagi kuman.

Nah, karena itu, Anda harus sadar beberapa faktor yang membuat ponsel bertambah kotor dan jadi sarang bakteri penyebab penyakit, dikutip dari The Health Site.

1. Usai makan

Bukan cuma sebelum makan, sesudah makan juga harus cuci tangan loh. Partikel makanan dan juga minyak bisa menempel pada layar. Akibatnya lebih banyak debu lagi yang menempel dan membuat kuman juga bakteri berkembang.

2. Bawa ke kamar kecil

Membawa ponsel ke kamar kecil saja sudah bukan ide yang bagus. Apalagi membawanya sampai masuk ke dalam bilik. Kamar kecil adalah undangan terbuka untuk jutaan kuman. Terutama jika Anda menggunakan toilet umum, Anda kemungkinan akan menyebarkan kuman dari orang lain yang telah menyentuh permukaan toilet sebelum Anda.

3. Transportasi umum

Menggunakan ponsel saat naik transportasi umum bisa jadi membuat Anda terpapar lebih banyak bakteri pada permukaan layar. Mengapa? Sebab Anda menyentuh banyak permukaan mulai dari tiang, tali pegangan, dan lain sebagainya yang juga telah disentuh puluhan atau ratusan orang dalam seharinya. Tak bisa memastikan semuanya sudah cuci tangan dengan bersih juga kan?

Nah begitu Anda membuka smartphone untuk cek pesan, kuman pun berpindah dari jari ke layar.

4. Main dengan hewan tersayang

Anda termasuk penyayang binatang? Bermain dengan peliharaan memang bisa menurunkan tingkat kecemasan menurut penelitian tapi pastikan segera mencuci tanganmu ya usai bercengkrama dengan hewan kesayangan. Mencuci tangan bisa menurunkan risiko tertular bakteri dan kuman dari hewan ke layar ponsel.

Untuk selalu menjaga kebersihan layar ponsel, jangan malas untuk membersihkannya menggunakan tisu untuk membuat permukaannya bersih. Gunakan juga ‘alcohol wipe’ untuk menyingkirkan kuman, meski begitu jangan terlalu sering karena dapat merusak lapisan pada layar.

Source : https://inet.detik.com

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.