3 Hal Yang Perlu Dilakukan saat Rasakan Gempa di Tempat Ramai

3 Hal Yang Perlu Dilakukan saat Rasakan Gempa di Tempat Ramai

87
0
SHARE

Gempa yang kuat baru saja dialami masyarakat ibukota dan sekitarnya, tepatnya pada 2 Agustus 2019 pukul 19.03 WIB. Gempa berkekuatan Magnitudo 7,4 terjadi di arah barat daya Sumur, Pandeglang, Banten, dan efeknya dirasakan daerah sekitar.

Dalam keadaan genting seperti ini, tentu rasa bingung dan panik akan menyelimuti. Terlebih jika berada di tempat ramai, seperti pusat perbelajaan atau mal.

Lalu, apa yang wajib dilakukan agar tetap aman selama gempa tersebut? Situs Live Science dan ABS-CBN News pun menjabarkan beberapa diantaranya.

#Hindari penggunaan lift
Saat gempa terjadi, Anda tentu merasa ingin buru-buru keluar dari pusat perbelanjaan. Terlebih jika berada di lantai atas, dan juga harus berdesakan untuk segera turun. Namun, dalam hal ini, diwajibkan untuk menggunakan tangga darurat dan menghindari penggunaan lift sebab teknologi seperti lift sangat mungkin mengalami gangguan. Alih-alih cepat ke bawah, Anda mungkin bisa terjebak di sana.

#Menjauhi material yang mudah jatuh
Sambil menyelamatkan diri, Anda juga wajib menengadahkan wajah ke atas. Gunanya untuk mengamati apakah tempat Anda berdiri itu berisiko tinggi atau tidak. Apabila ada barang-barang berat dan mudah jatuh seperti dinding kaca, kipas di langit-langit, atau mungkin barang dagangan yang digantung, sebaiknya segera pindah dan menghindarinya

#Pilih area parkir terbuka untuk evakuasi
Saat terjebak di dalam pusat perbelanjaan dan kesulitan untuk keluar kala gempa bumi, salah satu tempat evakuasi teraman ialah area parkir terbuka. Pada tempat ini, Anda akan jauh dari hal-hal yang mungkin menimpa dari atas. Dan apabila ada halangan atau jalur tidak aman untuk mencapai tempat tersebut, segera gunakan rute alternatif yang ditunjukkan pada peta evakuasi.

Source : https://gaya.tempo.co

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.