Tips agar Anak Suka Matematika

Tips agar Anak Suka Matematika

50
0
SHARE

Matematika adalah pelajaran yang mungkin kurang diminati anak sebab perhitungan dengan angka dan huruf kadang membuatnya kesulitan. Meski demikian, orang tua tidak perlu khawatir karena terdapat beberapa cara mudah agar anak dapat menyukai pelajaran ini. 

Melalui siaran pers yang diterima Tempo.co pada 12 Agustus 2019, influencer pendidikan yang juga penerima beasiswa untuk jurusan Matematika Terapan di Universita Waseda Jepang, Jerome Polin, membagikan beberapa di antaranya.

#Mengenalkan matematika pada anak sejak kecil
Menurut Jerome, dirinya banyak melihat kasus bahwa salah satu alasan mengapa anak tidak menyukai matematika karena ketidakpahaman pelajaran tersebut. Dengan mengenalkan sejak dini, anak pun akan memahami sehingga nantinya menjadi lebih suka.

“Jadi perlu diperkenalkan dulu apa sih matematika, gimana sih caranya. Baru setelah itu anak akan paham dan ujungnya akan lebih mudah suka pelajaran matematika,” kata Jerome.

#Menanamkan pola pikir pada anak kalau matematika itu menyenangkan
Saat kecil, Jerome mengaku bahwa ada rasa tertantang saat mengerjakan soal matematika. Suatu kebanggan tersendiri juga akan muncul saat dirinya dapat menyelesaikan dan jawabannya benar. Terkait hal ini, Jerome mengatakan bahwa penting bagi orang tua untuk menerapkan hal-hal serupa.

“Jadi orang tua bisa ilustrasikan serunya matematika supaya anak-anak penasaran dan tertarik untuk latihan matematika,” katanya.

#Memberikan apresiasi untuk prestasi anak di pelajaran matematika
Poin lain agar orang tua dapat mengajak anak menyukai matematika ialah dengan apresiasi. Menurut Jerome, setiap orang pasti senang diberi pujian sehingga hal ini akan terus ditekuni dan dilakukan agar terus menerima hal serupa.

“Tanpa disadari pujian itu menyenangkan sehingga kalau orang tua sering kasih pujian ke anak, sekecil apapun perkembangannya dalam matematika, anak pasti akan semakin semangat dan rajin untuk belajar, apalagi kalau sebelumnya sudah menemukan serunya matematika,” katanya. 

#Mencarikan guru matematika yang berkualitas
Menurut Jerome, guru yang baik adalah pengajar yang sabar, luwes, dan tidak kaku untuk menjelaskan pelajaran matematika dengan sebaik-baiknya. Dengan demikian, anak pun akan tertarik untuk mempelajarinya sehingga ia pun menghimbau agar setiap orang tua bisa mencarikan yang sesuai dengan kriteria tersebut.

“Aku semakin suka matematika karena guru mengajarkan konsep yang membuat aku mengerti hingga ke akar-akarnya. Cara mengajarnya juga asik sekali jadi aku kecanduan belajar,” katanya.

Source : https://gaya.tempo.co

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.