Terpaksa Tidur Larut, Tapi Besok Harus Bangun Pagi? Begini Tipsnya

Terpaksa Tidur Larut, Tapi Besok Harus Bangun Pagi? Begini Tipsnya

63
0
SHARE

Setumpuk pekerjaaan kantor, PR sekolah atau tugas kuliah kadang membuat kita terpaksa harus begadang. Meskipun tidak baik untuk tubuh, kebiasaan ini nyatanya masih dilakukan banyak orang.

Kebiasaan begadang dapat mempengaruhi fungsi otak. Misalnya seberapa cepat kamu dapat bereaksi dan memperhatikan. Lalu, bagaimana kamu mengurutkan informasi dan mengingatnya. Begadang membuatmu tak fokus dan kehilangan konsentrasi, padahal Senin pagi kamu mesti beraktivitas lagi.

Dikutip dari berbagai sumber, begini caranya agar bangun pagi setelah begadang dan tetap terlihat segar.

1. Tidur sebentar

David Dinges, Ph.D, ketua divisi tidur dan kronobiologi di University of Pennsylvania mengatakan, bahkan tidur sebentar selama 10 menit saja bermanfaat.

“Karena otak akan cepat beralih ke gelombang tidur yang lambat,” kata Dinges. 

Tidur dalam waktu lama sekitar 40 atau 45 menit, mungkin akan membuatmu merasa pusing ketika bangun. Hal ini disebut inersia tidur, dan terjadi ketika bangun dari tidur nyenyak.

2. Tetap terhidrasi

Setelah tidur sebentar, salah satu cara untuk menghilangkan kantuk adalah dengan menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Minumlah banyak air, minimal delapan gelas setiap hari. Dehidrasi hanya akan menambah rasa lelah dan membuatmu mengantuk.

Namun, jangan minum minuman berenergi! Minuman ini mungkin bisa membuat tubuh terasa segar dengan cepat. Tapi efeknya hanya sebentar, kamu malah akan merasa lebih lelah dari sebelumnya.

3. Minum kopi

Minumlah secangkir kopi sebelum mulai beraktivitas. Kafein dapat menambah energi dan meningkatkan daya ingat. Namun, minum kopi terlalu banyak malah akan membuatmu sakit kepala.

Selain itu, jangan minum kopi di sore hari jika kamu berencana tidur lebih awal. Kafein akan tetap berada di tubuh selama sekitar 5 jam dan kamu tidak akan mendapatkan tidur nyenyak di malam hari, akhirnya begadang lagi.

4. Sempatkan berjemur

Cobalah untuk berjemur di bawah sinar matahari pagi, sambil berjalan kaki dan mencari udara segar. Sinar matahari akan membantu sirkulasi tubuh dan membuatmu lebih berenergi sepanjang hari. Lakukanlah dalam perjalanan ke kantor atau sekolah, dijamin kamu akan bebas dari rasa kantuk.

5. Gerakkan tubuhmu

Berjalan cepat atau berolahraga dapat membuat aliram darah lancar, juga dapat meningkatkan fungsi otak. Mark Rosekind, Ph.D, ahli manajemen keletihan yang juga memimpin program manajemen keletihan untuk National Aeronautics and Space Administration (NASA), mengatakan, bahkan kegiatan mengobrol pun dapat meningkatkan kewaspadaan otak.

“Tetapi begitu kamu berhenti beraktivitas dan mengobrol, kamu cenderung akan merasa mengantuk lagi,” katanya.

6. Hindari multitasking

Setelah begadang, memori kerja otak akan terganggu. Hal itu berarti kamu tidak dapat menyimpan banyak hal dalam pikiran sekaligus.

Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 40 orang dewasa menunjukkan bahwa, orang yang bekerja selama 42 jam memiliki penurunan daya ingat sebesar 38 persen. Bagian otak yang terlibat dalam pengintegrasian informasi tidak aktif pada orang yang kurang tidur.

7. Tidur lebih awal

Setelah berhasil melewati hari dengan tetap segar dan terjaga dari kantuk. Sekarang, cobalah untuk tidur lebih awal untuk mengganti waktu begadang kemarin. Mandilah dengan air hangat satu jam sebelum tidur. Hal ini akan membuatmu cepat mengantuk dan bagun dengan kondisi baik di pagi hari.

Source : https://health.detik.com

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.