Minum Air Dingin Usai Makan Bikin Lemak Mengendap di Tubuh? Ini Kata...

Minum Air Dingin Usai Makan Bikin Lemak Mengendap di Tubuh? Ini Kata Ahli

72
0
SHARE

Di media sosial masih ramai informasi yang mengimbau agar orang-orang tidak minum air dingin usai makan. Alasannya disebut karena bisa membuat lemak di makanan ikut membeku, gampang menggumpal, dan akhirnya menyumbat pembuluh darah.

Berikut contoh informasi yang disebar oleh salah satu pengguna Facebook:

“Kenapa kami Gak suka minum Air Es ( Air Dingin ) pada saat makan Nasi yang lauk pauknya ada mengandung lemak spt Soto Baso daging Hewani dan makanan yang gorengan2.

Karena lemak tsb akan menjadi beku menggumpal didalam peredaran darah kita dan akan mengakibatkan kolestrol tinggi dan bisa penyumbatan pembuluh darah.

Mengakibatkan bisa Sakit Stroke Sakit Jantung, Asam Urat dan Obesitas.
Sebaiknya apapun pada saat makan sehari hari minumannya Air Hangat dan yang bukan es batu ( Air Dingin ).”

Menanggapi hal tersebut dr Hastomo Prabowo dari Rumah Sakit Pondok Indah Group menjelaskan kalau air dingin yang diminum usai makan tidak membuat lemak makanan jadi ikut beku mudah menggumpal. Risiko kesehatan minum air dingin atau hangat tetap sama bila seseorang tidak mengendalikan asupan makanan berkolesterol tinggi.

“Kalau misalnya jadi menggumpal kemudian akhirnya jadi ke arah masalah jantung, saya rasa tidak seperti itu,” kata dr Hastomo pada detikHealth dan ditulis Sabtu (24/8/2019).

“Kita minum air hangat tapi makan yang berkolesterol tinggi ya itu lebih masuk akal akan jadi masalah jantung. Jadi lebih ke arah makanannya bukan karena apa yang kita minum. Jadi ini salah,” lanjutnya.

Hal serupa juga pernah dikatakan oleh ahli nutrisi Leona Victoria Djajadi. Menurut Leona tubuh punya kemampuan untuk secara otomatis menyesuaikan suhu makanan atau minuman yang masuk ke perut.

“Lemak yang mengendap dalam tubuh merupakan konsekuensi dari makan terlalu banyak (terutama makan minyak/lemak) ditambah kurangnya olahraga, bukan karena minum air dingin,” pungkas Leona.

Source : https://health.detik.com

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.