5 Trik Tetap Bisa Menabung Buat Orang yang Boros

5 Trik Tetap Bisa Menabung Buat Orang yang Boros

108
0
SHARE

Anda termasuk orang yang berlebihan melakukan pengeluaran setiap bulan? Dengan kebiasaan boros tersebut, tentu sulit bagi Anda untuk menyisihkan uang dan menabung.

Biasanya Anda rela mengeluarkan uang dalam jumlah besar untuk membeli barang yang mungkin tidak terlalu Anda butuhkan. Terlebih jika Anda memiliki kartu kredit dan bebas menggunakannya untuk membeli yang Anda inginkan.

Sayangnya, jika diteruskan, kebiasaan ini dapat membuat Anda sulit menabung bahkan hanya sekadar menumpuk utang. Meski sulit menabung dengan karakter Anda yang boros, berikut lima trik yang bisa dilakukan seperti dilansir dari lifehack.org, Kamis (14/11/2019):

1. Membuat tantangan mingguan

Salah satu trik yang dapat dilakukan untuk menyisihkan lebih banyak uang adalah dengan menantang diri sendiri dalam sepekan. Dalam sepekan, berikan jatah bagi diri Anda untuk pengeluaran. Dan uang yang akan Anda sisihkan.

Setiap minggunya, Anda akan memenangkan tantangan itu jika Anda berhasil mengikuti anggaran yang dibuat sendiri. Anda akan sulit menahan diri, tapi trik ini sangat layak dicoba.

2. Latih diri untu lebih sabar

Meski sulit, bertahanlah untuk sabar tidak mengeluarkan uang. Untuk urusan menabung uang, Anda malah harus benar-benar sabar.

Saat hendak membeli sesuatu, sisihkan waktu untuk mencari barang serupa dengan harga murah. Kedua, Anda bisa menunggu hingga musim diskon sebelum membeli sesuatu yang mahal.

3. Naik kendaraan umum

Dibandingan mengendarai mobil sendiri, lebih baik Anda mencoba naik transportasi umum. Harganya lebih murah, dan Anda tidak perlu repot-repot berkonsentrasi mengemudi.

Jika lalu lintas sedang macet, Anda memiliki waktu untuk mengerjakan yang lain. Atau jika tempat kerja tidak terlalu jauh, Anda bisa naik sepeda, hemat dan sehat bagi tubuh Anda.

4. Jangan beli barang karena merek semata

Banyak orang cenderung membeli barang-barang bermerek demi terlihat hebat di mata teman-temannya. Padahal banyak barang bermerek dijual sangat mahal tanpa alasan yang jelas.

Jadi saat membeli sesuatu, tak perlu yang mahal, Anda bisa mencari yang mereknya biasa saja dengan kualitas baik. Dengan begitu, Anda bisa menyisihkan lebih banyak uang.

5. Hindari makan di luar

Salah satu cara terbaik untuk boros adalah dengan sering makan d luar. Tentu saja Anda senang dengan pelayanannya dan makanan yang cepat disajikan, tapi menahan diri juga penting.

Akan lebih mudah dan sehat, jika Anda meluangkan waktu untuk masak sendiri. Lebih murah dan tentu terjamin kebersihan serta kesehatannya.

Source : https://www.liputan6.com/

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.