Tips Bersihkan Rumah dengan Cairan Disinfektan, Jangan Asal Campur Pemutih

Tips Bersihkan Rumah dengan Cairan Disinfektan, Jangan Asal Campur Pemutih

200
0
SHARE

Kegiatan membersihkan perabot atau benda yang sering disentuh menjadi salah satu protokol kebersihan yang perlu dilakukan di tengah pandemi virus corona atau Covid-19. Mulai dari pintu pagar rumah, gagang pintu, keran air, meja makan, saklar, remote dan lain sebagainya.

Melansir dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat atau CDC pembersihan permukaan yang tampak kotor diikuti oleh desinfeksi adalah tindakan terbaik untuk pencegahan Covid-19 dan infeksi karena virus lainnya. Termasuk penyemprotan cairan disinfektan yang bisa Anda lakukan di rumah.

Pembersihan mengacu pada penghapusan kuman, kotoran, dan kotoran dari permukaan. Cara ini tidak membunuh kuman tetapi dengan menghilangkannya bisa menurunkan jumlah dan risiko penyebaran infeksi. Sedangkan desinfeksi mengacu pada penggunaan bahan kimia untuk membunuh kuman di permukaan. Proses ini tidak serta merta membersihkan permukaan yang kotor atau menghilangkan kuman, tetapi dengan membunuh kuman di permukaan setelah dibersihkan, dapat semakin menurunkan risiko penyebaran infeksi.

Gunakan pembersih rumah tangga dan disinfektan yang telah terdaftar. Cara pemakaiannya pun sebaiknya mengikuti instruksi yang ada di label, yang mencakup instruksi untuk penggunaan yang aman dan efektif dari produk pembersih, seperti mengenakan sarung tangan dan memastikan Anda memiliki ventilasi yang baik selama penggunaan produk.

Berikut ini panduan singkat membersihkan rumah dan barang dengan larutan disinfektan

1. Gunakan sarung tangan sekali pakai
Kenakan sarung tangan sekali pakai saat membersihkan dan mendesinfeksi permukaan. Sarung tangan harus dibuang setelah setiap pembersihan. Jika sarung tangan yang dapat digunakan kembali digunakan, sarung tangan tersebut harus dikhususkan untuk membersihkan dan mendesinfeksi tidak boleh digunakan untuk tujuan lain. Jangan lupa cuci tangan pakai sabun segera setelah sarung tangan dilepas.

2. Bersihkan sebelum pakai disinfektan
Jika mendapati permukaan benda kotor, terlebih dahulu harus dibersihkan menggunakan deterjen atau sabun dan air sebelum desinfeksi.

3. Campuran pemutih
Untuk desinfeksi bisa menggunakan larutan pemutih rumah tangga yang diencerkan, larutan alkohol dengan setidaknya 70 persen alkohol, dan disinfektan rumah tangga terdaftar. Jika menggunakan pemutih rumah tangga encer dapat digunakan untuk peremukaan. Ikuti instruksi pabrik untuk aplikasi, ventilasi yang tepat dan pastikan produk tidak melewati tanggal kedaluwarsa.

Bahan untuk menyiapkan larutan pemutih dengan mencampurkan: 5 sendok makan pemutih per galon air atau 4 sendok teh pemutih per liter air. Jangan sekali-kali mencampur pemutih rumah tangga dengan amonia atau pembersih lainnya. Pemutih rumah tangga yang tidak kadaluwarsa akan efektif melawan virus corona bila diencerkan dengan benar.

Source : https://cantik.tempo.co/

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.