Manfaat Mandi Air Hangat di Tengah Masa Pandemi

Manfaat Mandi Air Hangat di Tengah Masa Pandemi

124
0
SHARE

Di tengah kondisi normal baru karena pandemi Covid-19, siapa pun dituntut untuk lebih memperhatikan kesehatan dan kebersihan.

Salah satu cara untuk menjaga kebersihan tubuh adalah mandi rutin, terutama jika baru beraktivitas di luar rumah.

Tapi, sudahkah kita mandi dengan benar? Apakah seluruh bakteri dan virus yang menempel pada tubuh hilang sepenuhnya?

Menurut Dr. Fitria Agustina, dermatologist, SpKK, FINSDV, mandi adalah salah satu cara menjaga kebersihan.

Selain itu, mandi pun meningkatkan kewaspadaan agar virus tidak menginfeksi tubuh.

“Jika melihat data terbaru pada 1 September kemarin, Covid-19 sudah menginfeksi lebih dari 26 juta orang dan angka kesembuhannya 18 juta orang.”

“Kewaspadaan kita harus meningkat, tapi jangan sampai over worried karena itu bisa memicu depresi.”

Demikian kata Fitria dalam konferensi pers Electrolux Water Heater yang digelar secara virtual pada Kamis (3/9/2020) siang.

“Mandi sangat penting, apalagi kita habis berada di luar. Saat mau masuk ke dalam rumah, lepaskan pakaian yang kita kenakan dan segeralah mandi.”

“Basahi seluruh tubuh dari kepala sampai kaki. Gunakan sabun dengan ph balance, agar tidak menyebabkan infeksi pada kulit,” ujar dia.

Fitria juga menganjurkan untuk mandi dengan air hangat demi memeroleh lebih banyak manfaat.

“Air hangat akan memberi stimulus pada kulit dan merangsang otak untuk melepaskan hormon dopamin yang membuat kita merasa bahagia,” kata Fitria.

Namun, ia mengingatkan pentingnya membatasi waktu mandi dan suhu air yang diperlukan supaya kita bisa memeroleh seluruh manfaat dari mandi air hangat.

“Mandi yang terlalu cepat atau terlalu lama tidak baik bagi kita, disarankan mandi maksimal 10 menit,” tutur dia.

Suhu air hangat yang direkomendasikan Fitria adalah antara 37-38 derajat celsius.

“Pada suhu ini, kita bisa menurunkan stres, emosi, meningkatkan aliran darah, mencegah penuaan dini, dan meningkatkan exercise tolerance, di mana energi tubuh kembali pulih setelah berolahraga.”

“Hindari suhu air yang lebih tinggi, karena akan merusak kelembapan kulit,” kata Fitria.

Water heater

Salah satu cara mudah untuk mandi air hangat di rumah dengan nyaman, adalah menggunakan water heater.

Namun, saat ini ada kekhawatiran di masyarakat tentang penggunaan perangkat elektronik seperti water heater yang akan membuat tagihan listrik melonjak.

“Kami merasa perlu memberi edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya water heater agar masyarakat bisa mandi air hangat dengan nyaman dan hemat,” ujar President Director of Electrolux Indonesia, Iffan Suryanto.

“Sebenarnya kita tidak usah ragu menggunakan water heater, karena konsumsi listriknya tidak besar,” kata dia.

Salah satunya adalah produk Electrolux Indonesia, water heater seri instant dan storage.

Produk itu terdiri dari seri water heater Storage AquaPro dengan varian tangki 15 liter dan 30 liter, water heater Storage-Aura, dan water heater ComfortFlow.

“Untuk water heater tipe storage (AquaPro dan Aura), dayanya bisa kita setel, mulai dari 200-500 watt,” kata Hendra Pawitra.

Hendra adalah Head of Product Marketing Dept. Electrolux Indonesia.

Dia menyebut, yang menjadi keunggulan water heater Storage, adalah fitur drainage pipe atau pipa pembuangan untuk menguras air, sehingga tangki tidak terkena korosi.

Electrolux Indonesia memberi garansi 10 tahun untuk tangki water heater Storage, dan garansi lima tahun untuk mesin pemanas air.

Sedangkan, produk seri Instant, water heater ComfortFlow lebih praktis digunakan karena bentuknya lebih ringkas dan tidak memakan banyak tempat.

“Begitu anda beli, tinggal plug and play. Anda bisa memasangnya sendiri di rumah, tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk jasa pemasangan.”

Demikian ungkap Radhitia Pratama, Key Account Manager Electrolux Indonesia.

Electrolux Indonesia juga memeragakan cara menggunakan water heater ComfortFlow untuk membuktikan bahwa water heater ini hemat listrik.

Setelah perangkat diatur di suhu 38 derajat celsius, daya yang dikeluarkan sebesar 500 watt.

“Seperti kita ketahui, biaya listrik saat ini sekitar Rp 1.466 per kW. Sementara water heater ComfortFlow hanya mengeluarkan daya 500 watt per jam.”

“Jika kita mandi selama 15 menit, maka biaya yang dikeluarkan untuk satu kali mandi air hangat dengan water heater ComfortFlow tidak sampai Rp 200,” ujar Hendra.

Baik water heater Storage dan Instant Series diberi fitur safety ready untuk menjamin keamanan penggunanya.

“Dua jenis perangkat water heater ini sudah memiliki sistem pengamanan. Electrolux mengutamakan keamanan maksimal, karena safety is number one,” kata Hendra.

Source : https://lifestyle.kompas.com/

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.