DPRD Balikpapan Dorong Efektifkan Pengetatan Protokol Kesehatan

DPRD Balikpapan Dorong Efektifkan Pengetatan Protokol Kesehatan

79
0
SHARE

Oleh: Harry F. Darmawan

Peningkatan kesadaran protokol kesehatan di tengah masyarakat turut menjadi perhatian DPRD Kota Balikpapan. Dalam Rapat Paripurna ke-25 masa sidang III yang digelar pada Senin (26/10/2020) pagi, Ketua Panitia Khusus Pengawas Percepatan Penanganan Covid-19 DPRD Balikpapan drg. Syukri Wahid mengungkapkan, kegiatan penegakkan protokol kesehatana saat ini menjadi kunci utama yang perlu ditingkatkan, seiring dengan belum ditemukannya vaksin.

Diketahui, Pemerintah Kota Balikpapan telah mengeluarkan beberapa kebijakan terkait penanganan Covid-19, seperti surat edaran sebagai imbauan, atau Perwali No. 23/2020. Syukri menilai, kebijakan tersebut sudah cukup baik namun belum efektif.

Ia menyebut, kebijakan penegakkan protokol kesehatan ini belum komprehensif dan berlandaskan regulasi yang dan kuat dan mumpuni untuk menurunkan angka sebaran Covid-19.

“Seperti belum tepatnya pengenaan sanksi yang dapat memberikan efek jera dan berorientasi pada peningkatan disiplin atas protokol kesehatan,” paparnya.

Menurutnya, Pemkot seharusnya tidak mengedepankan sanksi denda, meski secara tidak langsung dapat menjadi pendapatan daerah.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.