BEHIND THE TEAM

PEDOMAN PEMBERITAAN MEDIA SIBER

Kemerdekaan berpendapat, kemerdekaan berekspresi, dan kemerdekaan pers adalah hak asasi manusia yang dilindungi Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, dan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia PBB. Keberadaan media siber di Indonesia juga merupakan bagian dari kemerdekaan berpendapat, kemerdekaan berekspresi, dan kemerdekaan pers.

Media siber memiliki karakter khusus sehingga memerlukan pedoman agar pengelolaannya dapat dilaksanakan secara profesional, memenuhi fungsi, hak, dan kewajibannya sesuai Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik. Untuk itu Dewan Pers bersama organisasi pers, pengelola media siber, dan masyarakat menyusun Pedoman Pemberitaan Media Siber sebagai berikut:

1. Ruang Lingkup

a. Media Siber adalah segala bentuk media yang menggunakan wahana internet dan melaksanakan kegiatan jurnalistik, serta memenuhi persyaratan Undang-Undang Pers dan Standar Perusahaan Pers yang ditetapkan Dewan Pers.

b. Isi Buatan Pengguna (User Generated Content) adalah segala isi yang dibuat dan atau dipublikasikan oleh pengguna media siber, antara lain, artikel, gambar, komentar, suara, video dan berbagai bentuk unggahan yang melekat pada media siber, seperti blog, forum, komentar pembaca atau pemirsa, dan bentuk lain.

2. Verifikasi dan keberimbangan berita

a. Pada prinsipnya setiap berita harus melalui verifikasi.

b. Berita yang dapat merugikan pihak lain memerlukan verifikasi pada berita yang sama untuk memenuhi prinsip akurasi dan keberimbangan.

c. Ketentuan dalam butir (a) di atas dikecualikan, dengan syarat:

1) Berita benar-benar mengandung kepentingan publik yang bersifat mendesak;

2) Sumber berita yang pertama adalah sumber yang jelas disebutkan identitasnya, kredibel dan kompeten;

3) Subyek berita yang harus dikonfirmasi tidak diketahui keberadaannya dan atau tidak dapat diwawancarai;

4) Media memberikan penjelasan kepada pembaca bahwa berita tersebut masih memerlukan verifikasi lebih lanjut yang diupayakan dalam waktu secepatnya. Penjelasan dimuat pada bagian akhir dari berita yang sama, di dalam kurung dan menggunakan huruf miring.

d. Setelah memuat berita sesuai dengan butir (c), media wajib meneruskan upaya verifikasi, dan setelah verifikasi didapatkan, hasil verifikasi dicantumkan pada berita pemutakhiran (update) dengan tautan pada berita yang belum terverifikasi.

3. Isi Buatan Pengguna (User Generated Content)

a. Media siber wajib mencantumkan syarat dan ketentuan mengenai Isi Buatan Pengguna yang tidak bertentangan dengan Undang-Undang No. 40 tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik, yang ditempatkan secara terang dan jelas.

b. Media siber mewajibkan setiap pengguna untuk melakukan registrasi keanggotaan dan melakukan proses log-in terlebih dahulu untuk dapat mempublikasikan semua bentuk Isi Buatan Pengguna. Ketentuan mengenai log-in akan diatur lebih lanjut.

c. Dalam registrasi tersebut, media siber mewajibkan pengguna memberi persetujuan tertulis bahwa Isi Buatan Pengguna yang dipublikasikan:

1) Tidak memuat isi bohong, fitnah, sadis dan cabul;

2) Tidak memuat isi yang mengandung prasangka dan kebencian terkait dengan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), serta menganjurkan tindakan kekerasan;

3) Tidak memuat isi diskriminatif atas dasar perbedaan jenis kelamin dan bahasa, serta tidak merendahkan martabat orang lemah, miskin, sakit, cacat jiwa, atau cacat jasmani.

d. Media siber memiliki kewenangan mutlak untuk mengedit atau menghapus Isi Buatan Pengguna yang bertentangan dengan butir (c).

e. Media siber wajib menyediakan mekanisme pengaduan Isi Buatan Pengguna yang dinilai melanggar ketentuan pada butir (c). Mekanisme tersebut harus disediakan di tempat yang dengan mudah dapat diakses pengguna.

f. Media siber wajib menyunting, menghapus, dan melakukan tindakan koreksi setiap Isi Buatan Pengguna yang dilaporkan dan melanggar ketentuan butir (c), sesegera mungkin secara proporsional selambat-lambatnya 2 x 24 jam setelah pengaduan diterima.

g. Media siber yang telah memenuhi ketentuan pada butir (a), (b), (c), dan (f) tidak dibebani tanggung jawab atas masalah yang ditimbulkan akibat pemuatan isi yang melanggar ketentuan pada butir (c).

h. Media siber bertanggung jawab atas Isi Buatan Pengguna yang dilaporkan bila tidak mengambil tindakan koreksi setelah batas waktu sebagaimana tersebut pada butir (f).

4. Ralat, Koreksi, dan Hak Jawab

a. Ralat, koreksi, dan hak jawab mengacu pada Undang-Undang Pers, Kode Etik Jurnalistik, dan Pedoman Hak Jawab yang ditetapkan Dewan Pers.

b. Ralat, koreksi dan atau hak jawab wajib ditautkan pada berita yang diralat, dikoreksi atau yang diberi hak jawab.

c. Di setiap berita ralat, koreksi, dan hak jawab wajib dicantumkan waktu pemuatan ralat, koreksi, dan atau hak jawab tersebut.

d. Bila suatu berita media siber tertentu disebarluaskan media siber lain, maka:

1) Tanggung jawab media siber pembuat berita terbatas pada berita yang dipublikasikan di media siber tersebut atau media siber yang berada di bawah otoritas teknisnya;

2) Koreksi berita yang dilakukan oleh sebuah media siber, juga harus dilakukan oleh media siber lain yang mengutip berita dari media siber yang dikoreksi itu;

3) Media yang menyebarluaskan berita dari sebuah media siber dan tidak melakukan koreksi atas berita sesuai yang dilakukan oleh media siber pemilik dan atau pembuat berita tersebut, bertanggung jawab penuh atas semua akibat hukum dari berita yang tidak dikoreksinya itu.

e. Sesuai dengan Undang-Undang Pers, media siber yang tidak melayani hak jawab dapat dijatuhi sanksi hukum pidana denda paling banyak Rp500.000.000 (Lima ratus juta rupiah).

5. Pencabutan Berita

a. Berita yang sudah dipublikasikan tidak dapat dicabut karena alasan penyensoran dari pihak luar redaksi, kecuali terkait masalah SARA, kesusilaan, masa depan anak, pengalaman traumatik korban atau berdasarkan pertimbangan khusus lain yang ditetapkan Dewan Pers.

b. Media siber lain wajib mengikuti pencabutan kutipan berita dari media asal yang telah dicabut.

c. Pencabutan berita wajib disertai dengan alasan pencabutan dan diumumkan kepada publik.

6. Iklan

a. Media siber wajib membedakan dengan tegas antara produk berita dan iklan.

b. Setiap berita/artikel/isi yang merupakan iklan dan atau isi berbayar wajib mencantumkan keterangan ‘advertorial’, ‘iklan’, ‘ads’, ‘sponsored’, atau kata lain yang menjelaskan bahwa berita/artikel/isi tersebut adalah iklan.

7. Hak Cipta

Media siber wajib menghormati hak cipta sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku.

8. Pencantuman Pedoman

Media siber wajib mencantumkan Pedoman Pemberitaan Media Siber ini di medianya secara terang dan jelas.

9. Sengketa

Penilaian akhir atas sengketa mengenai pelaksanaan Pedoman Pemberitaan Media Siber ini diselesaikan oleh Dewan Pers.

Jakarta, 3 Februari 2012

(Pedoman ini ditandatangani oleh Dewan Pers dan komunitas pers di Jakarta, 3 Februari 2012).

DATA USAHA

NAMA USAHA : CV DISCOVER BORNEO (DB)
Bidang Usaha       : Industri & Jasa Kreatif, Publikasi dan Penerbitan.
Lokasi                 : Balikpapan, Kaltim
Tanggal Pendirian : 13 Februari 2012
Akta Notaris         : No. 33 tgl 13/2/2013, oleh Notaris Dewi Handayani, SH, M.Kn – Akta Perseroan Komanditer “CV Discover Borneo”
NPWP                  : 03.216.572.2-721.000
Alamat                : GrahaDI (Graha Discover) Jl. Soekarno Hatta Km 3,5 – Komplek Ramayana 22/23 , Batu Ampar- Balikpapan Utara, Kaltim
No. Kantor           : 0542 – 8830000
No Hotline           : 0815 458 00000 / 0812 54 11111
Email                  : mitra@godiscover.co.id | Web : www.godiscover.co.id

VISI : Menjadi penyedia Jasa Kreatiif terdepan melalui berbagai medium yang selalu inovatif dan mampu beradaptasi dengan kebutuhan masyarakat dan kemajuan teknologi.

MISI : Menfasilitasi sarana informasi bagi masyarakat dan mengedukasi melalui barang cetakan, sosial media, online, gambar statis dan bergerak, suara serta layanan kehumasan.


 

MITRA, PRODUK, JASA & PELAYANAN

PEMERINTAHAN: Pemkot Balikpapan | DPRD Balikpapan | Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Timur | Kepolisian Resort (Polres) Balikpapan | Dinas Pariwisata Balikpapan | Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Balikpapan | Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Balikpapan | BPMP2T Balikpapan | Dinas Pariwisata Jakarta.

BUMN, MIGAS & KORPORAT: PT Telkom Kaltim-sel | PT Pertamina RU V | PT Telkomsel | PT Indosat | Total E&P Indonesie | Garuda Indonesia | PT Jasa Raharja Kaltim | Chevron Indonesia Company | PDAM Balikpapan | PLN Regional Kaltim.

PERHOTELAN & PERBANKAN: Blue Sky Hotel | Sagita Hotel | Grand Jatra Hotel | Gran Senyiur Hotel | Le Grandeur Hotel | Bank Indonesia | Bank Mandiri | Bank BRI | Bank BNI | Bank BPD Kaltim.

PERUSAHAAN NASIONAL/REGIONAL: Kaltim Post Group | Airlangga Group | Texas Chicken | Blitz Megaplex | Wigo 4G | Plaza Balikpapan | Dandito Restaurant | Silk Air | Astra Honda, dll.


 

PORTOFOLIO & KEMITRAAN

» DISCOVER BORNEO dipercaya melakukan buzzing atau promosi untuk brand-brand ternama seperti Honda, Telkomsel, Telkom, Blue Sky Hotel, Bank Rakyat Indonesia (BRI), Wigo 4G, Bank Mandiri, Blitz Megaplex, Opera Mini, Langit Musik, Texas Chicken, Silk Air, dll.

» Selain itu, kami menjalin kemitraan dengan biro-biro iklan multinasional, serta bekerjasama dengan sejumlah event nasional seperti MarkPlus Conference, Promosi Dinas Pariwisata DKI Jakarta, sosialisasi Pemilu oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), dll.

» Selain sebagai akun Twitter terbesar di Pulau Kalimantan, akun @KOTABALIKPAPAN juga menjadi akun Twitter yang dikelola secara profesional oleh perusahaan berbadan hukum.

» Kami memilah/membedakan kerjasama yg bersifat kemitraan/partnership, business to business atau kegiatan yg murni sosial.


 

SKILLS & EXPERTISE SDM

SDM DB berkonsentrasi pada sejumlah bidang meliputi; Jurnalistik, , Magazines, Publisher, Design & Artwork, Social Media & Online Channel, Video Production, Social/Online Commerce, Tour & Travel, Event Organizer, dll.


Bedah Buku "Dua Tangis Sejuta Damprat"
Sinergi Kangaroo Travel - DB
CEO Kaltim Post Sambangi Markas DB
Diskusi Honda Sales Operation - DB
Laporan Cuaca Realtime dari BMKG
Kunjungan Kepala Bank Indonesia
Diklat Kompetensi Khas Kreatifitas dan Inovasi Tahun Anggaran 2013
Kerjasama PT. Mitra Mina Sejahtera (MMS) - DB
Kunjungan Telkomsel ke Redaksi DB
Silk Air Kunjungi GrahaDI
Grand Jatra Hotel Sambangi Redaksi DB
Buka Puasa Bersama Gelaran Grand Jatra Hotel
Happy Birthday, Pak Doddy!
41st Anniversary Blue Sky in Harmony
Siswa Akhir PM As-Syifa Kunjungi DB
2nd Anniversary Grand Jatra Hotel
Mejeng Bareng Discover Balikpapan
Indonesia Marketeers Festival 2013
Karaoke World Championship
Buka Puasa Bersama di Hotel Mega Lestari
Anniversary 40th Blue Sky Hotel
Presentasi di Hadapan PT. (Persero) Jasa Raharja
Pertemuan Rudy - Redaksi DB
Sinergi Pusat Informasi Layanan Publik
LIPAN Kunjungi GrahaDI
Seminar Outlook Otomotif Roda Dua
Suvenir Untuk Para Manajer
Dengar Pendapat Umum: Pemilihan Umum dan Peran Pemuda
Syuting ‘Yuk Mampir’ BTV di Limayang
WMM Cari Bibit Pengusaha
Manajemen Dandito ke RS LimayanG
Diskusi Konten Discover dengan Pemkot
Sharing Potensi, Kuatkan Sinergi
Family Day Super Seru Ala Dandito
Pendampingan Bank Sentral
Kembangkan Desa Binaan
Sinergi Promosi Discover - Best FM
Gathering Ekslusif Mitra Silk Air
Mantapkan Agenda WMM di RS LimayanG
Sharing Bareng Bidang Pemerintahan
Tukar Ide DB-Indosat Balikpapan
Kampung Wisata Inisiasi Pertamina
Untuk Anak Muda, Dari Telkomsel
Warna Baru dari Total E&P Indonesie
Trans4mation Hotel Jatra
Kolaborasi Silk Air - Dandito - DB
Produksi Video Profile Disperindagkop
Rintisan Desa Wisata & Sentra Souvenir
Buku Sejarah PDAM Balikpapan
Bank BPD Kaltim Merapat ke Discover
Kokoh dengan Prinsip Jujur, Hemat dan Giat
Discover Jadi Tempat Belajar
Stan Khusus di Agenda Table Top
Talkshow Pariwisata di Best FM
Dandito-Discover Terus Berkembang
Makin Terbuka, Makin Melek Teknologi
Akun Kota Ikut Cegah Terorisme
Usai Wawancara, Test Food Bersama
Bersatu di #WeLoveBalikpapan
Dedikasi Sosial Dandito
Suplemen Pelantikan Walikota
Sharing bareng "Jendral Lapangan"

Your Name (required)

Your Email (required)

Subject

Your Message

FIND US ON