Home / DPRD Balikpapan

Senin, 26 Oktober 2020 - 16:01 WIB

Soal Bansos, DPRD Keluarkan Rekomendasi

Oleh: Harry F. Darmawan

Pandemi Covid-19 di Indonesia yang berlangsung sejak Maret 2020 hingga saat ini membuat pemerintah melakukan berbagai upaya penanggulangannya. Salah satu upaya itu berupa pemberian bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat yang ekonominya terdampak.

Di Balikpapan, Pemerintah Kota Balikpapan menyiapkan anggaran penanganan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) mencapai Rp137 miliar. Sebagian besar dana tersebut digunakan untuk jaring pengaman sosial dan kesehatan.

Ketua Panitia Khusus Pengawasan Percepatan Penanganan Covid-19 DPRD Balikpapan, Syukri Wahid mengatakan, anggaran sekira Rp 70 miliar telah digelontorkan untuk bantuan sosial baik berupa uang tunai maupun sembako bagi warga terdampak pandemi.

Baca Juga  Standar Pelayanan Pemkot Balikpapan (DISDUKCAPIL) : Pelayanan Administrasi Kependudukan KTP Elektronik Baru, Penggantian (Hilang/Rusak)

“Namun prosesnya banyak temuan yang menimbulkan polemik antara lain penerima bantuan yang tidak tepat sasaran. Bahkan terjadi duplikasi penerima bantuan dari program pemerintah pusat,” kata Syukri Wahid, pada Senin (26/10/2020).

Sehingga, Pansus merekomendasikan Pemkot Balikpapan untuk menyusun laporan penggunaan anggaran penanganan Covid sebelum dilakukan audit oleh BPK. Laporan itu juga disampaikan ke DPRD Balikpapan.

“Mempublikasikan penggunaan anggaran. Mengedepankan tindakan preventif melalui pengetatan protokol kesehatan di segala bidang,” ujarnya.

Baca Juga  Di Hotel Le Grandeur Cukup Rp 125 Ribu untuk All You Can Eat

Pansus yang memiliki 13 orang anggota dari seluruh fraksi DPRD Balikpapan ini turut mendorong agar pemerintah kota melakukan kajian mulai dari aspek sosial, ekonomi hingga kesehatan. Langkah itu apabila status darurat kesehatan berlanjut dan bakal diberlakukan pembatasan sosial.

“Dinas sosial dan instansi terkait diminta untuk memperbarui data warga penerima bantuan sosial baik dari pemkot, pemprov maupun pemerintah pusat guna menghindari tumpang tindih atau duplikasi data,” tandasnya. [*]

Share :

Baca Juga

DPRD Balikpapan

Ketua DPRD Balikpapan Abdulloh: Saya Sepakat AL si Pencabul Kebiri Saja

DPRD Balikpapan

Bela Sungkawa dan Pergantian Anggota Warnai Paripurna

DPRD Balikpapan

DPRD Dukung Re-focusing Anggaran Covid-19 Pemkot Balikpapan Rp100 Miliar

DPRD Balikpapan

Wakil Ketua DPRD Balikpapan Sabaruddin Terima Kunker DPRD Kabupaten Mojokerto

DPRD Balikpapan

DPRD Soroti Tingginya SILPA pada Rapat Paripurna LKPJ Anggaran 2020

DPRD Balikpapan

Syukri Minta Target Vaksinasi Bisa Segera 80 Persen

DPRD Balikpapan

Anggaran Proyek Multitahun Dipangkas Sekitar 30 Persen

DPRD Balikpapan

DPRD Balikpapan Gelar Rapat Paripurna Istimewa Usulan Pemberhentian Jabatan Wali Kota